Jakarta (ANTARA) - Percepatan digitalisasi telah mendorong peran data center menjadi semakin esensial sebagai infrastruktur yang mendasari operasi sektor digital berbasis cloud, terlebih Indonesia menjadi hotspot pasar data center di Asia Tenggara sehingga memacu berbagai kalangan untuk mendirikan data center di Indonesia.

“Untuk itu provider data center perlu didukung oleh praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional," kata Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan Telkomsigma pada tahun 2021 terus menjaga komitmen operasi layanan data center-nya melalui pembaruan sertifikasi data center, yang salah satunya adalah dengan melakukan perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga 2024.

Adanya sertifikat Tier III Operation menjamin operasi data center yang dikelola secara terstruktur dan telah melalui tahapan assessment serta audit pada aspek operasi, software, infrastruktur, SDM, dan berbagai komponen lainnya sehingga menjamin operasi data center agar terhindar dari potensi terjadinya downtime yang tak terduga.

Dengan begitu, melalui sertifikat Tier III Operation yang hingga kini masih menjadi satu satunya yang tersedia di Indonesia, data center Telkomsigma mampu melakukan proses production non-stop secara maksimal dengan didukung oleh keberadaan fasilitas disaster recovery yang andal.

Baca juga: Telkomsigma kuasai pasar data center di Indonesia

Tekomsigma saat ini tengah memegang tata kelola bagi 18 internet data center TelkomGroup (neuCentriX) dan juga 3 enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Per 2021, lebih dari 300 pelanggan segmen enterprise, pemerintahan, startup, dan termasuk 60 persen di antaranya sektor perbankan dan finansial berada dalam cakupan operasional data center Telkomsigma. Angka tersebut belum termasuk penambahan berbagai proyek yang sedang berjalan seiring dengan permintaan pusat data yang terus meningkat.

Di tengah ramainya perbincangan bisnis data center saat ini, Telkomsigma kian menguatkan eksistensinya sebagai penyedia data center di Indonesia melalui penghargaan “The Best in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori Data Center dalam ajang Corporate Image Award 2021.

“Perolehan Corporate Image Award selain menjadi apresiasi, tentu menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen dalam menjalankan standar operasi data center secara best practice, serta terus menguatkan visi kami sebagai mitra transformasi digital pilihan di Indonesia melalui pilar bisnis kami dalam IT Services, Cloud, Data Center, dan Digital Services," ujar Tanto.

Baca juga: Telkomsigma prediksikan banyak perusahaan akan mengadopsi "cloud computing"
 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021