PON Papua

Telkomsel siapkan jaringan untuk kelancaran eksibisi esport PON Papua

Telkomsel siapkan jaringan untuk kelancaran eksibisi esport PON Papua

Tim esport Free Fire DKI Jakarta sedang berlatih di Gaming Arena, Wisma Atlet Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Minggu (19/9/2021). ANTARA/Arindra Meodia

Jayapura (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi Telkomsel menyiapkan jaringan data selular untuk memastikan kelancaran cabang olahraga eksibisi esport pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar di arena hoki dan kriket di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/9).

Manager RAN, Transport and Security Operation Telkomsel Maluku dan Papua Kurnia Widhi Atmadji mengungkapkan jaringan data selular tersebut sebagai cadangan jaringan.

"Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya (sebagai default)," ujar Kurnia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Senin.

Wilayah kota dan kabupaten Jayapura pada Minggu malam sempat mengalami penurunan kualitas jaringan. Terkait hal tersebut, Kurnia menyebutkan saat ini jaringan Telkomsel, khususnya di kota Jayapura, sudah berangsur pulih.

Baca juga: Telkomsel sebut sudah 96 persen infrastruktur jaringan siap sambut PON 

Lebih dari itu, menurut dia, traffic untuk empat klaster penyelenggaraan PON, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, saat ini mendapatkan prioritas dibandingkan wilayah lainnya yang terdampak.

Ia pun mengatakan gangguan yang terjadi pada Minggu malam itu bersifat nasional.

"Telkomsel dan TelkomGroup sudah melakukan mitigasi dengan menggunakan backup link dan memprioritaskan trafik untuk PON di empat kota penyelenggara," kata Kurnia.

"Di samping itu, Telkomsel sudah menyiapkan satu unit Combat untuk mengantisipasi lonjakan traffic saat pertandingan berlangsung," tambahnya. 

Baca juga: Telkomsel siapkan infrastruktur jaringan komunikasi dukung PON Papua 
Baca juga: Ilham Habibie: Infrastruktur TIK pilar penting kelancaran PON XX Papua 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Telkomsel dan XL Axiata jadi penyedia layanan 4G di wilayah 3T

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar