Kota Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengukuhkan sekaligus melepas kontingen Riau, yang terdiri dari 147 atlet di 29 cabang olahraga, menuju PON XX yang digelar di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

"Kami sebagai pimpinan Pemprov Riau sangat bangga bertemu dan melepas orang-orang hebat di bidang olahraga yang akan membawa nama baik Riau pada tingkat nasional ke depan," kata Syamsuar di Balai Pelangi Gedung Daerah Riau, Pekanbaru, Senin.

Pengukuhan dan pelepasan kontingen tersebut juga turut dihadiri Forkopimda Riau, Ketua KONI se-Kabupaten Kota di Riau, pihak terkait serta tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar meminta agar atlet Riau terus semangat mengejar prestasi dan membawa nama baik daerah Riau ke depan. Seluruh atlet juga diminta untuk tetap mengedepankan sportifitas selama bertanding, terutama guna menjaga marwah Riau sekaligus mematuhi aturan selama pelaksanaan PON XX Papua.

"Kita sama-sama mendengar jika selama berada di Papua, para atlet tidak diperbolehkan kemana-mana tanpa ada arahan dari panitia. Ini juga demi keamanan yang diharapkan juga bisa dipahami dan dipatuhi oleh atlet," ujar Syamsuar.

Baca juga: KONI Riau kirim kontingen beranggotakan 350 orang ke PON XX Papua 

Selain itu, ia pun mendoakan agar perjuangan atlet Riau di PON XX Papua membawa keberhasilan gemilang, sesuai yang diharapkan. Dia juga meminta supaya kontingen Riau semangat dan terus berjuang, serta selalu membawa nama baik daerah sekaligus mencetak prestasi selama di Papua.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Ketum KONI Provinsi Riau HR Marjohan Yusuf mengungkapkan jelang PON XX Papua, seluruh pihak telah mempersiapkan para atlet dengan matang, baik di tingkat pelatihan, fasiltas peralatan dan kebutuhan lainnya.

"Kami berharap dalam pertandingan ke depan mencapai keberhasilan sesuai yang diharapkan," tutur Marjohan.

Ia mengatakan Riau akan mengikuti 29 cabang olahraga dengan jumlah atlet 147 orang. Secara keseluruhan, Riau mengirimkan sebanyak 340 peserta yang terdiri dari ofisial cabang olahraga sebanyak 36 orang, tim kesehatan 46 orang, tim keamanan sebanyak 30 orang dan sisanya merupakan atlet. 

"Kami juga kembali mengimbau atlet agar mematuhi aturan selama di Papua, sebab jika tidak mematuhi dan melanggar, maka atlet akan dipulangkan ke daerah asal. Atlet hanya boleh berada di tempat penampungan dan arena pertandingan," pungkas Marjohan. 

Baca juga: Porserosi Riau targetkan medali emas di PON Papua 
Baca juga: PTPN V bantu Rp85,25 juta untuk atlet Taekwondo Riau ke PON XX Papua 

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021