Jakarta (ANTARA) - TikTok menghadirkan diskusi pembahasan perkembangan industri film di Indonesia yang menjadi bagian dari kegiatan Sundance Film Festival: Asia.

Sundance Film Festival: Asia merupakan ajang festival film independen bertaraf internasional yang menunjuk TikTok sebagai official livestream partner untuk rangkaian diskusi panel dan malam penganugerahan kegiatan bergensi itu.

"Kolaborasi dengan Sundance Film Festival: Asia ini diharapkan bisa memberikan insight dan interaksi seru bersama komunitas film di platform ini," kata Head of Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Kemenparekraf: Indonesia kekurangan penulis skenario

Industri perfilman termasuk sektor yang mengalami banyak perubahan dan penyesuaian di tengah pandemi, mulai dari pemutaran film di layanan streaming dan VOD (Video On Demand), hingga proses syuting yang dilakukan dengan banyak keterbatasan fisik.

Berkaca dari hal itu, perkembangan itu menjadi topik yang diangkat oleh diskusi panel di program Sundance Film Festival: Asia di TikTok, antara lain:

Kebangkitan Sinema Vertikal

Diskusi bersama Jason Iskandar, Salman Aristo, dan Angga Anugrah Putra selaku Head of Operations TikTok Indonesia yang mengupas tentang format vertikal yang menjadi pilihan baru bagi para sutradara film.

Sesi diskusi ini akan berlangsung live tanggal 25 September 2021 pukul 13.00 - 14.30 WIB di platform TikTok.

Perkembangan Industri Film Indonesia sejak 2016 hingga pasca pandemi

Bersama Mira Lesmana, Angga Sasongko, dan Chand Parwez Servia untuk membahas cerita dari para pelaku industri film yang berusaha membangkitkan kembali dunia perfilman seperti saat sedang booming di tahun 2016 dan keluar dari Daftar Investasi Negatif.

Sesi diskusi ini akan berlangsung live tanggal 23 September 2021 pukul 11.00- 12.30 WIB di platform TikTok.

Perempuan di Industri Film

Nia Dinata, Gina S Noer, Susanti Dewi, Sue Turley, dan Amanda Salazar yang akan berdiskusi mengenai tantangan perempuan di industri perfilman yang didominasi oleh pria.

Sesi diskusi ini akan berlangsung live tanggal 23 September 2021 pukul 15.00- 16.30 WIB di platform TikTok.

Cerita Para Sutradara: Bagaimana Festival Mengubah Karir

Joko Anwar, Yosep Anggi Noen, dan Edwin, di mana para sutradara ternama ini akan berbagi cerita tentang bagaimana memanfaatkan festival film untuk mempromosikan film dan menembus pasar dunia.

Sesi diskusi ini akan berlangsung live tanggal 24 September 2021 pukul 15.00- 16.30 WIB di platform TikTok.

Industri Perfilman di Asia Tenggara

Bersama Malobika Banerji, Mikhail Red, Vanridee Pongsittisak, dan Timo Tjahjanto untuk membahas mengenai bagaimana penyesuaian yang dilakukan industri film di seluruh Asia Tenggara di tengah pandemi.

Sesi diskusi ini akan berlangsung live tanggal 26 September 2021 pukul 11.00- 12.30 WIB di platform TikTok.

Selain diskusi panel mengenai industri perfilman, pengguna TikTok juga dapat menyaksikan Awards Night.

Sebuah momen pemberian penghargaan kepada sineas Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Di acara yang sama, akan diumumkan pemenang kompetisi film pendek "Sundance Film Festival: Asia" tahun ini.

Acara Awards Night ini akan berlangsung pada tanggal 25 September 2021 pukul 19.00 WIB yang akan dipandu oleh Reza Chandika dan Natasha Abigail.

Semua rangkaian acara ini akan ditayangkan di akun resmi Sundance Film Festival di TikTok mulai tanggal 23 September hingga 26 September 2021.

Baca juga: Pemerintah siapkan Rp300 miliar untuk menggerakkan industri film

Baca juga: Pengamat: Pemerintah perlu investasi infrastruktur industri film

Baca juga: Akatara 2021 jadi wadah sineas dan investor kembangkan industri film

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021