Jakarta (ANTARA) - Merek fesyen Balenciaga berkolaborasi dengan pengembang video game Fortnite, Epic Games, untuk menghadirkan koleksi produk mode di dunia virtual dan nyata.

Pemain Fortnite tidak hanya dapat memilih pakaian dan aksesoris Balenciaga baru, tetapi juga dapat memasuki toko Balenciaga di dalam game.

Pengguna yang melakukan pembelian dan bermain dalam tampilan Balenciaga baru juga dapat mengirimkan foto karakter untuk dimasukkan ke papan iklan virtual di alun-alun kota Fortnite.

Di Times Square yang sebenarnya, manusia nyata dapat menemukan papan iklan karakter Doggo–karakter terpopuler di video game Fortnite–dan melakukan perjalanan ke toko Balenciaga di Madison Avenue, di mana mereka akan dapat berbelanja koleksi produk Fortnite dan Balenciaga yang lengkap.

Baca juga: Balenciaga x Crocs kolaborasi untuk koleksi musim semi 2022

Selain mengenakan merek Balenciaga di dalam game, Doggo akan membintangi video billboard tiga dimensi di seluruh dunia dengan mengenakan hoodie dan jeans Balenciaga X Fortnite dan kacamata hitam khas merek.

Tiga karakter Fortnite populer lainnya juga tampil dalam balutan mode Balenciaga di dalam game. Karakter Banshee mengenakan bodysuit bergaris harimau, Ramirez mengenakan atasan berpayet dan celana jeans compang-camping, serta Knight memakai sepatu bot baja Balenciaga dengan hoodie dan celana pendek.

Ini bukan pertama kalinya Balenciaga dan Epic Games bekerja sama. Afterworld, video game yang dirancang untuk menghadirkan koleksi musim gugur 2021 Balenciaga, dibuat menggunakan Unreal Engine Epic.

"Dari sana, kami terus terinspirasi oleh kreativitas komunitas Unreal dan Fortnite. Sangat masuk akal bagi saya bahwa kami berkolaborasi lebih jauh dengan menciptakan tampilan Balenciaga otentik ini untuk Fortnite dan seri pakaian Fortnite fisik baru untuk toko kami," kata direktur kreatif Balenciaga Gvasalia dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Vogue pada Selasa.

Mendorong mode ke dimensi baru merupakan misi Gvasalia sejak meluncurkan koleksi pertamanya di Balenciaga. Dengan dunia virtual yang sepenuhnya terwujud dalam game Fortnite, Gvasalia melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh perancang busana lain sebelumnya, yakni menjelajahi metaverse.

Kemitraan ini memiliki manfaat yang baik untuk kedua belah pihak. Pada satu sisi, Balenciaga akan bertemu audiens baru dari pemain Fortnite, sementara di sisi lain Fortnite akan masuk ke dalam dunia mode yang prestisius.

Kolaborasi Balenciaga X Fortnite bukan hanya tentang memasarkan setiap merek ke demografi baru, tetapi juga tentang membangun bahasa kreativitas bersama yang baru.

“Ini bukan hanya tentang pakaiannya. Ini adalah ekspresi diri tertinggi,” kata kepala merek Epic Games Phil Rampulla kepada Vogue.

Baca juga: Cara bedakan Balenciaga Speed Trainers asli dan palsu

Baca juga: Balenciaga yang "nyeleneh" kembali masuki dunia "haute couture"

Baca juga: Balenciaga hapus semua unggahan di media sosial

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021