Manado (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberangkatkan sebanyak 129 atlet yang akan bertarung di sejumlah cabang olah raga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

"Ikut mendampingi atlet ada 47 pelatih dan 40 ofisial," kata Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Selasa.

Saat acara pelepasan kontingen Sulut, Ketua KONI Sulut itu mengatakan 129 atlet tersebut akan bertarung di 21 cabang olah raga yang dipertandingkan.

Keberangkatan para atlet Sulut bersama pelatih dan ofisial ke PON Papua ini, kata dia, menjadi tanggung jawab bersama.

"Mencapai prestasi, kita membutuhkan komitmen, motivasi, disiplin, percaya diri, serta menjaga sportivitas olah raga sebagai kunci keberhasilan," ujarnya.

Baca juga: Tinju Sulut waspadai semua lawan di PON Papua
Baca juga: Devi targetkan medali emas selam bagi Sulut pada PON Papua


Hal lainnya, lanjut dia, terkait kesiapan matang mental dan kepribadian yang kokoh sehingga apa yang ditampilkan dan dipertandingkan memperoleh hasil yang maksimal.

"Saya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada kepada semua pihak yang telah berkolaborasi sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan," ujarnya.

Target provinsi ujung utara Sulawesi itu pada PON XX Papua yaitu memperbaiki prestasi yang pernah dicapai Sulut pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016.

"Saya juga berterima kasih kepada para pimpinan cabang olahraga se-Sulut yang turut berperan aktif dalam memajukan prestasi olah raga di Bumi Nyiur Melambai ini," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 147 atlet Riau ikuti 29 cabang olahraga di PON XX Papua
Baca juga: Gubernur lepas kontingen PON Sulbar menuju Papua
Baca juga: Kontingen resmi pertama PON Papua mendapat sambutan spesial

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021