PT PP lakukan pemancangan tiang pertama SPAM di Riau

PT PP lakukan pemancangan tiang pertama SPAM di Riau

Acara pemancangan tiang pertama proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau, Senin (20/9/2021). ANTARA/HO-PT PP (Persero).

SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani 624.000 jiwa
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, melalui anak usaha dan cucu usaha yang bergerak di bidang investasi infrastruktur melaksanakan kegiatan pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau.

Siaran pers PP (Persero) yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan anak usaha dan cucu usaha perseroan yang mengerjakan proyek itu adalah PT PP Infrastruktur (PP Infra) dan PT PP Tirta Riau (PP Tirta Riau) .

Kegiatan tersebut merupakan proses rangkaian dan bagian dari kerja sama penyelenggaraan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar berkapasitas 1.000 liter per detik (lpd) antara Perumdam Tirta Siak Kota Pekanbaru, Perumdam Tirta Kampar Kabupaten Kampar dan PT Sarana Pembangunan Riau.

Sejak dilaksanakannya kegiatan peletakan batu pertama SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar pada November 2020, PP Tirta Riau terus melaksanakan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait proses lainnya untuk mempercepat pemenuhan persyaratan pendahuluan berupa proses perencanaan desain dan perizinan.

Kegiatan pemancangan ini merupakan proses awal dimulainya tahapan konstruksi pembangunan SPAM yang diharapkan nantinya air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap pada akhir 2022.

"Pembangunan instalasi unit produksi menggunakan teknologi andal dan terbaik yang ada saat ini yang direncanakan berlangsung dalam dua tahap di mana memiliki total kapasitas sebesar 1.000 liter per detik dengan hasil keluaran standar kualitas air minum sesuai peraturan Menteri Kesehatan dan pelayanan 24 jam per hari," kata Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priyambodo.

Sedangkan, pembangunan jaringan pipa akan dilaksanakan dalam empat tahap yang direncanakan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun nonrumah tangga di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Sekretaris Perusahaan PP Yuyus Juarsa mengatakan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani 624.000 jiwa (sekitar 102.000 sambungan rumah) di lima kecamatan, yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan dari sebelumnya 0 persen di area pelayanan menjadi 55 persen di area greenfields. Sumber air baku yang akan digunakan di daerah tersebut berasal dari Sungai Kampar.

Selain investasi unit produksi lingkup hulu dan unit distribusi di lingkup hilir, PP Tirta Riau akan mendukung perumdam dalam bentuk perencanaan dan pendampingan manajemen. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja perumdam dalam melaksanakan kegiatan penyediaan air minum bagi kebutuhan pelanggan di wilayah kerja sama, baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan melalui bantuan investasi dana.

"Juga pelaksanaan peningkatan pelayanan yang terukur, penggunaan sistem, program, teknologi dan pengetahuan yang diperlukan untuk peningkatan kinerja perumdam," kata Yuyus.

Baca juga: Anak usaha PT PP peroleh pinjaman Rp337,34 miliar
Baca juga: PT PP tanda tangani proyek KPBU air bersih di Pekanbaru
Baca juga: PT PP mulai bangun SPAM Kota Pekanbaru

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mensos Risma fasilitasi eks gelandangan dan pemulung kerja di perusahaan BUMN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar