Puan tekankan percepatan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok usia sekolah

Puan tekankan percepatan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok usia sekolah

Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau lokasi vaksinasi bagi siswa sekolah di Provinsi Banten, Selasa. ANTARA/HO-DPR RI.

Jangan takut vaksin, yakinlah vaksinasi akan sangat bermanfaat, apalagi bagi anak-anak yang hendak kembali ke sekolah.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan pentingnya percepatan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok usia sekolah, khususnya di Provinsi Banten, karena anak-anak sudah ingin bisa kembali belajar di sekolah.

Oleh karena itu, Puan mendorong percepatan vaksinasi di Banten sekaligus mengoptimalkannya untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

"Oleh karena itu, menjadi tugas negara untuk memastikan anak- anak kita yang masuk sekolah dapat belajar dengan aman. Oleh sebab itu, vaksinasi menjadi penting dan sebuah keharusan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Puan mengemukakan hal itu saat meninjau lokasi vaksinasi bagi siswa sekolah di Kota Serang, Banten, Selasa.

Ia menekankan pentingnya vaksin agar siswa lebih aman saat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Berdasarkan informasi per 19 September 2021, kata Puan, capaian vaksinasi di Banten baru mencapai 40,19 persen. Total warga Banten yang telah divaksin sebanyak 3.709.086 dari sasaran sebanyak 9.229.383 orang.

"Untuk yang sudah divaksin, tolong bantu yakinkan semua anggota keluarga, saudara, dan teman bahwa vaksinasi itu aman," ujarnya.

Puan menyebutkan banyaknya kasus kematian akibat COVID-19 di Banten berasal dari pasien yang belum menjalani vaksinasi dengan total 95,76 persen.

Sementara itu, menurut dia, pasien COVID-19 meninggal dunia yang telah divaksin sebanyak 4,24 persen dari total kasus kematian sebanyak 2.656 orang.

"Jangan takut vaksin, yakinlah vaksinasi akan sangat bermanfaat, apalagi bagi anak-anak yang hendak kembali ke sekolah," katanya.

Puan mengatakan bahwa saat ini tidak ada wilayah di Banten yang berstatus PPKM Level 4, artinya seluruh kabupaten/kota di Banten bisa melaksanakan PTM.

Menurut dia, jika anak-anak yang memenuhi kriteria sudah menjalani vaksinasi, orang tua akan lebih tenang saat mengirimkan anak-anaknya belajar di sekolah.

Puan bersama Presiden Jokowi kemudian melakukan video conference dengan dua sekolah lain, yaitu SMKN 1 Kota Cilegon dan SMAN 1 Ciomas Kabupaten Serang, untuk berdiskusi bersama dengan pihak SMA 4 Kota Serang.

Melalui pertemuan fisik dan virtual tersebut, Presiden Jokowi dan Puan ikut memantau jalannya vaksinasi siswa dan perkembangan PTM di masing-masing sekolah.

Baca juga: Pemkot Jakbar pantau kesehatan guru yang terlibat PTM

Baca juga: Sudin Pendidikan Jakbar 2 tengah melaksanakan asesmen 194 sekolah


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bendera Indonesia dilarang berkibar, DPR berharap efektivitas satgas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar