Jakarta (ANTARA) - Sejumlah sektor usaha seperti pertanian, perkebunan dan agribisnis, konstruksi/infrastruktur, serta pertambangan dan energi yang sejak tahun lalu menunjukkan indikasi positif kembali digenjot untuk memutar kembali roda perekonomian Indonesia, kata Product Manager Trakindo Desman Tambunan.

"Tantangannya adalah bagaimana memastikan bahwa sektor industri dapat melakukan efisiensi pada kinerjanya untuk mendapatkan hasil maksimal di tengah berbagai pembatasan yang terjadi, karena pandemi belum sepenuhnya usai," kata Desman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dikatakan perusahaan meyakini sektor industri membutuhkan dukungan dan strategi yang tepat untuk mampu menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi yang kini dibutuhkan Indonesia.

Untuk mendukung sektor industri dalam menata kembali performa bisnisnya, perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia tersebut merilis hydraulic excavator terbaru di kelas 23 ton, yaitu Cat 323 GC.

Baca juga: Luhut klaim ekonomi pulih cepat

Produk tersebut adalah solusi alat berat untuk meningkatkan produktivitas dengan kontrol yang mudah digunakan, kabin yang nyaman, mampu mendorong penghematan bahan bakar hingga 25 persen, serta interval servis yang mengurangi biaya perawatan hingga 20 persen – semuanya untuk memberi hasil akhir biaya produksi yang lebih rendah.

Di tengah situasi pandemi ini, untuk menjaga keselamatan seluruh pekerja, terkadang kegiatan operasional tidak dapat dilakukan maksimal, bahkan tak menutup kemungkinan terpaksa dihentikan sejenak, jika ada tim yang terpapar atau harus menjalani isolasi mandiri.

"Untuk mengantisipasi hal ini, kecepatan produksi dan pekerjaan menjadi kunci agar sektor industri tidak kehilangan keuntungan, di situasi semacam ini kehadiran ekskavator dengan produktivitas tinggi akan mampu menjadi solusi," katanya.

Baca juga: TIK disebut sebagai sektor yang paling cepat pulih di tengah pandemi

Performa andal ini didapatkan dari peningkatan torsi ayun hingga 10 persen. Ekskavator ini juga memperbaiki visibilitas operator dengan rear view camera untuk meningkatkan faktor keamanan dalam pengoperasian. Pengoperasiannya pun cukup mudah, karena dilengkapi start push button dan fungsi operator id yang dapat menyimpan pengaturan keamanan tiap-tiap operator.

Kehadiran ekskavator ini sekali lagi menjadi bentuk sumbangsih perusahaan bagi pembangunan Indonesia, seperti yang terus menjadi komitmen sejak didirikan pada tahun Desember 1970.

"Tentunya kita berharap dengan dukungan alat berat ini yang mampu menjaga efisiensi dan meningkatkan kinerja, sektor industri akan mampu menggerakkan kembali roda perekonomian nasional, sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat,” kata Desman.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021