Mantan penguasa militer Mesir Hussein Tantawi wafat

Mantan penguasa militer Mesir Hussein Tantawi wafat

Arsip - Kepala dewan militer Mesir, Marsekal Mohamed Hussein Tantawi (kiri), berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton sebelum mereka melakukan pembicaraan di Kementerian Pertahanan di Kairo, Minggu (15/7/2012). (ANTARA/REUTERS/U.S Embassy Media Office/tm)

Kairo (ANTARA) - Mantan kepala dewan militer yang memerintah Mesir untuk sementara pascapemberontakan 2011, Marsekal Hussein Tantawi, wafat pada usia 85 tahun, demikian diumumkan kepresidenan Mesir pada Selasa.

Tantawi merupakan veteran perang melawan Israel pada 1956, 1967, dan 1973. Ia menjabat sebagai menteri pertahanan selama hampir 21 tahun.

Tantawi memimpin Dewan Tertinggi Pasukan Bersenjata (SCAF) yang menguasai Mesir selama satu setengah tahun pascapenggulingan Presiden Hosni Mubarak pada Februari 2011.

Marsekal Tantawi dicopot sebagai menteri pertahanan pada Agustus 2012, beberapa pekan setelah Presiden Islamis Mohamed Mursi berkuasa dalam apa yang digambarkan sebagai pemilu yang bebas dan adil dalam sejarah modern Mesir.

Sumber: Reuters

Baca juga: Mesir cabut keadaan daruat

Baca juga: Rakyat Mesir berduyun ke bilik suara pascaMubarak


 

Mesir kembali buka perlintasan perbatasan Rafah dengan Gaza

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar