Percobaan kudeta di Sudan berhasil digagalkan

Percobaan kudeta di Sudan berhasil digagalkan

Arsip - Bendera nasional Sudan dipasang pada senapan mesin paramiliter RSF saat menunggu kedatangan Letjen Mohamed Hamdan Dagalo, wakil kepala dewan militer dan kepala RSF, sebelum pertemuan di desa Aprag, Sudan, Juni 2019. ANTARA/REUTERS/as

Khartoum (ANTARA) - Otoritas Sudan berhasil menggagalkan percobaan kudeta dan situasi di negara itu kini terkendali, kata juru bicara dewan penguasa, Mohamed Al Faki Suleiman, pada Selasa.

Militer mulai menginterogasi tersangka yang terlibat dalam percobaan kudeta pada Senin (20/9) itu dan akan mengeluarkan pernyataan segera, kata Suleiman.

Seorang sumber di pemerintahan mengatakan percobaan kudeta itu mencakup upaya pengambilalihan stasiun radio pemerintah di Omdurman, yang ada di seberang sungai Nil dari Ibu Kota Khartoum.

Tindakan telah diambil terhadap sejumlah orang yang terlibat, kata sumber tersebut.

Seorang saksi mengatakan militer menggunakan sejumlah tank untuk menutup jembatan yang menghubungkan Khartoum dengan Omdurman pada Selasa dini hari.

Sudan kini diperintah bersama oleh militer dan sipil. Mereka berbagi kekuasaan sejak mantan Presiden Omar al-Bashir digulingkan pada April 2019.

Otoritas transisi mengatakan mereka telah menggagalkan atau mendeteksi percobaan kudeta sebelumnya yang diduga dilakukan oleh faksi-faksi yang loyal kepada Bashir.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kuburan massal di Sudan diduga berisi jasad perwira korban Bashir

Baca juga: Pemimpin oposisi: Sudan hadapi risiko kudeta balasan


 

Kapolri Lepas Kontingen FPU ke Sudan

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar