PON Papua

Polda Riau kirim 30 personel Brimob kawal atlet Riau di Papua

Polda Riau kirim 30 personel Brimob kawal atlet Riau di Papua

Pasukan Brimob siap mengawal atlet PON berlaga di Papua. (Foto:Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengirim sebanyak 30 personel Brimob untuk mengawal atlet Riau selama bertanding di  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Personil Brimob Polda Riau siap mengawal 147 atlet Riau yang bakal mengikuti 29 cabang olahraga PON XX. Personil akan dibagi di setiap venue cabang olah raga yang diikuti atlet Riau, di empat wilayah yaitu Jayapura Kabupaten, Jayapura Kota, Timika dan Merauke," kata Dansat Brimob Polda Riau, Kombes Pol Dedi Suryadi, SIK kepada wartawan di Pekanbaru, Selasa.

Baca juga: Pemerintah tetapkan PeduliLindungi untuk skrining PON XX Papua

Dia mengatakan pengawalan terbanyak dilakukan di wilayah Jayapura Kabupaten dan Jayapura Kota, karena di dua wilayah ini cabang olah raga terbanyak, sisanya baru dibagi untuk wilayah Timika dan Merauke.

Pengamanan ini, kata Dedi Suryadi, juga sesuai situasi dan kondisi wilayah Papua saat ini, selain mengawasi atlet juga seluruh personil yang ikut mulai dari tidur, bangun tidur, berangkat bertanding, bertanding sampai pulang kembali ke Provinsi Riau.

"Artinya kegiatan seluruh kontingen Riau ini akan diawasi sesuai aturan PON XX Papua, terutama terkait larangan meninggalkan venue maupun tempat penampungan yang telah ditetapkan sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan, jika seluruh personil yang dikirim atau ditugaskan dalam pengamanan atlet, juga diperintahkan selalu siap dan menjaga kewaspadaan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk terus menjaga komunikasi antar-sesama tim maupun tim aparat di Papua.

"Sebelum pengiriman personil Brimob ini, kita juga sudah berkomunikasi dengan pihak terkait di Papua seperti apa sistem yang akan diselenggarakan di sana serta kerja sama yang akan dijalankan bersama demi suksesnya PON ini," ujarnya.

"Kita juga berharap seluruh atlet bisa meraih prestasi maksimal dan mengharumkan nama Riau di tingkat nasional," katanya.

Baca juga: Menarik 205.692 pendaftar, ekshibisi esport PON Papua siap digelar
Baca juga: Menparekraf ajak atlet PON XX nikmati keindahan alam Papua

Pewarta: Frislidia
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Riau musnahkan barang bukti 145 kg sabu-sabu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar