Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bulu tangkis Indonesia yang berkekuatan 38 orang terdiri atas atlet, pelatih teknik dan fisik, dokter, hingga psikolog bertolak ke Finlandia untuk mengikuti Piala Sudirman melalui penerbangan dari Jakarta, Selasa malam.

Susunan timnas yang terdiri dari 11 atlet putra dan sembilan putri, akan berlaga di Kota Vantaa pada 26 September-3 Oktober dan masuk dalam jajaran grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia, dan Kanada.

"Kami sudah siap, mohon doanya agar tim bisa bermain lepas dan menampilkan performa terbaik. Semoga pula Indonesia bisa merebut Piala Sudirman untuk dibawa kembali ke Tanah Air," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resminya.

Menurut manajer tim Eddy Prayitno, kondisi tim sudah siap tempur. Hasil uji PCR yang dilakukan pada Senin pagi juga menunjukkan hasil negatif dari seluruh anggota tim.

Baca juga: PBSI gelar pelepasan timnas Piala Sudirman dan Thomas-Uber

PBSI mengakui bahwa punya ambisi besar untuk memboyong lambang supremasi bulu tangkis beregu campuran dunia yang baru sekali diraih pada penyelenggaraan perdana di Jakarta tahun 1989.

Skuad Merah Putih bertolak dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada hari Selasa pukul 21.05 WIB. Mereka menggunakan penerbangan Turkish Airlines nomor TK57 lewat Istanbul.

Sebelum berangkat, tim Piala Sudirman juga sempat dilepas oleh Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Selasa sore. Alex berpesan agar tim Merah Putih selalu kompak dan bisa menikmati pertandingan selama berjuang di Finlandia.

"Selamat jalan dan selamat bertanding. Tunjukkan penampilan terbaik dan menikmati pertandingan. Doa kami menyertai perjuangan tim Indonesia. Semoga pemain mampu menjaga kesehatan dan kekompakan," tutur Alex.

Baca juga: Ganda putri genjot persiapan Fadia/Ribka untuk Piala Sudirman

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021