Jakarta (ANTARA) - Kapten timnas bulu tangkis Indonesia Hendra Setiawan, tak memungkiri bahwa timnya akan menghadapi tantangan sulit di Piala Sudirman, namun ia ingin mereka bermain lepas karena peluang untuk merebut gelar juara kedua kalinya di turnamen beregu campuran itu masih tetap terbuka lebar.

"Peluang semua tim 'fifty-fifty', tergantung nanti bagaimana di lapangannya saja. Semoga semua bisa bermain lepas," ucap Hendra lewat keterangan resmi PBSI di Jakarta, Selasa.

Sebagai atlet paling senior di timnas, Hendra Setiawan siap berbagi pengalaman dengan anggota yang lain. Menurutnya, tampil di kejuaraan beregu dan perseorangan itu berbeda.

Dengan tegas ia siap mendukung agar pemain muda bermain lebih lepas dan tidak dalam tekanan saat bertanding.

Baca juga: 38 anggota timnas bulu tangkis Piala Sudirman bertolak ke Finlandia

"Saya senang dan terbuka dengan pemain muda yang masuk tim. Sangat bagus ya, karena jadi pengalaman buat mereka bagaimana tampil di ajang beregu yang besar. Saya lebih banyak kasih masukkan saja ke mereka nanti," kata atlet yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan itu.

Ia yakin Skuad Merah Putih bisa tampil baik, didukung pula oleh atlet yang sudah kenyang pengalaman dari hampir semua sektor.

"Harapannya tentu bisa mendapat hasil maksimal. Kami punya peraih medali emas Olimpiade di ganda putri, pemain nomor satu dunia di ganda putra, Jonatan dan Ginting di tunggal putra juga bagus. Merata lah kekuatannya, semoga tahun ini bisa membawa pulang Piala Sudirman," Hendra menyebutkan.

Baca juga: Peta kekuatan lawan dan peluang Indonesia di Piala Sudirman 2021

Greysia Polii ikut menambahkan, bahwa dia melihat tim Piala Sudirman kali ini terasa lebih kompak dan kebersamaan tim juga sangat kental.

"Saya lihat kebersamaan dan kekompakan tim kali ini begitu kental. Ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk merebut Piala Sudirman," ujar peraih medali emas Olimpiade Tokyo tersebut.

"Kami juga memohon doa restu seluruh rakyat Indonesia agar bisa bermain maksimal dan memetik sukses di Finlandia nanti," pungkas Hendra Setiawan.

Baca juga: PBSI jelaskan alasan pemilihan empat pemain muda ke Piala Sudirman
Baca juga: Daftar tim bertabur bintang di Piala Sudirman 2021


 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021