Saham Australia dibuka jatuh, tertekan harga tembaga yang lemah

Saham Australia dibuka jatuh, tertekan harga tembaga yang lemah

Ilustrasi: Australian Securities Exchange (ASX) (Reuters)

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia jatuh pada awal perdagangan Rabu pagi, terbebani oleh saham bank-bank kelas berat dan pertambangan karena harga tembaga turun, meskipun kenaikan di saham energi, teknologi dan emas membatasi kerugian.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia (ASX) melemah 0,23 persen menjadi diperdagangkan di 7.256,80 poin pada pukul 00.23 GMT, setelah berakhir 0,35 persen lebih tinggi di sesi sebelumnya.

Harga tembaga memperpanjang penurunan mereka ke level terendah satu bulan pada Selasa (21/9/2021) di tengah kekhawatiran baru bahwa masalah pada pengembang yang sarat utang China Evergrande Group dapat merembes ke dalam ekonomi global.

Saham sektor pertambangan Australia terpangkas 0,4 persen, dipimpin oleh penurunan 2,3 persen di Liontown Resources Ltd, diikuti oleh Coronado Global Resources Inc yang kehilangan 2,01 persen.

Penambang global BHP, Rio Tinto dan Fortescue Metlas turun antara 0,1 persen hingga 0,6 persen.

Baca juga: Saham Australia hapus kerugian, Indeks ASX ditutup naik 0,35 persen

Saham sektor keuangan turun hampir 1,0 persen mencapai level terendah lebih dari tujuh minggu, dengan bank "Empat Besar" turun antara 0,5 persen dan 1,1 persen.

QBE Insurance Group dan NIB Holdings merupakan saham berkinerja terburuk di sub-indeks keuangan, masing-masing merosot 2,3 persen dan 2,2 persen.

Westpac jatuh untuk sesi keempat berturut-turut, kehilangan 1,2 persen, setelah membatalkan penjualan bisnis Pasifiknya kepada Kina Securities, dan mengatakan pihaknya memperkirakan akan mengembalikan kerugian sekitar 121 juta dolar Australia (87,52 juta dolar AS) yang telah diakuinya dengan hasil paruh pertama.

Sebaliknya, saham energi naik 1,0 persen, dipimpin oleh Washington H Soul Pattinson and Company menambahkan 2,9 persen, diikuti oleh Worley naik 2,7 persen karena kenaikan moderat harga minyak semalam.

Saham sektor teknologi menguat 0,3 persen, dipimpin oleh Xero Ltd yang naik 1,5 persen, diikuti oleh Megaport Ltd naik 0,6 persen.

Di Selandia Baru, indeks acuan S&P/NZX 50 turun 0,1 persen menjadi diperdagangkan pada 13.163,00 poin.

Baca juga: IHSG Rabu pagi dibuka turun 0,45 poin

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar