Saham China dibuka anjlok, tertekan kekhawatiran dampak Evergrande

Saham China dibuka anjlok, tertekan kekhawatiran dampak Evergrande

Ilustrasi: Sejumah investor melihat layar komputer di depan papan elektronik yang menunjukkan pergerakan saham di rumah pialang, Shanghai, China. ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China dibuka melemah tajam pada Rabu pagi, setelah mereka kembali dari libur dua hari, mengejar ketertinggalan dengan pasar global yang bergejolak pada awal pekan oleh kekhawatiran runtuhnya pengembang China Evergrande Group yang kekurangan uang.

Indikator utama bursa Indeks Komposit Shanghai dan indeks saham-saham unggulan CSI300 kehilangan lebih dari satu persen dalam pembukaan transaksi pada Rabu.

Indeks Real Estat CSI300 dimulai hampir 2,0 persen lebih rendah, tetapi menutup kembali kerugiannya di awal perdagangan. Indeks Perbankan CSI300 juga anjlok hampir 3,0 persen.

Baca juga: IHSG merosot, terimbas naiknya kekhawatiran dampak Evergrande China

Saham Evergrande yang tercatat di Hong Kong jatuh lebih dari 10 persen selama dua hari pertama minggu ini, ketika pasar daratan ditutup untuk Festival pertengahan Musim Gugur. Kekhawatiran efek limpahan memukul saham properti dan perbankan serta mengguncang pasar global.

Pasar saham Hong Kong ditutup pada Rabu untuk hari libur umum.

Baca juga: IHSG Rabu pagi dibuka turun 0,45 poin


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar