Pengamat: Potensi migas 204 juta barel Pertamina Bisa tambah lifting

Pengamat: Potensi migas 204 juta barel Pertamina Bisa tambah lifting

Ilustrasi - Kegiatan eksploitasi minyak di lepas pantai. ANTARA/HO-Pertamina

Jakarta (ANTARA) - Pengamat BUMN Toto Pranoto dari Universitas Indonesia menilai penemuan potensi sumber minyak dan gas baru yang mencapai 204,7 juta barel oleh Pertamina dapat menambah potensi lifting BUMN migas tersebut.

"Pertamina menemukan potensi cadangan minyak dan gas tentu merupakan berita yang baik. Apabila cadangan minyak dan gas baru itu cukup besar, maka hal tersebut bisa menambah potensi lifting Pertamina," kata Toto saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu.

Dengan demikian, lanjut dia, target pemerintah dalam hal lifting sejumlah 1 juta barel per hari juga bisa terlaksana.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan restrukturisasi yang dilakukan Kementerian BUMN terhadap PT Pertamina (Persero) telah membuahkan hasil yang signifikan, di antaranya penemuan sumber migas baru.

Menurut dia, transformasi yang dilakukan itu telah mendorong efisiensi BUMN untuk menjadi lebih baik dan efisien. Transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN terus terjadi, hasilnya sudah terlihat. Bagaimana Pertamina setelah dilakukan konsolidasi, bisa terlihat subholdingnya sudah menghasilkan dengan baik.

Erick menuturkan pascakonsolidasi Pertamina, perusahaan migas itu berhasil menemukan sumber migas baru hingga 204 juta barel. Demikian pula capaian kinerja dari sejumlah subholding.

Tidak hanya itu, kinerja Subholding Refinery and Petrochemical pun mencatatkan laba sebesar 322 juta dolar AS pada semester I-2021. Erick mengungkapkan, keberhasilan itu bisa dicapai melalui transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN.

Menteri BUMN itu juga akan memastikan subholding-subholding Pertamina ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi Pertamina menuju target valuasi 100 miliar dolar AS, karena memang Pertamina sendiri sudah masuk 500 perusahaan global terbesar.


Baca juga: Produksi migas Subholding Upstream Pertamina naik 2 persen triwulan I

Baca juga: Pertamina lakukan "lifting" perdana Pertalite di Kilang Cilacap

Baca juga: Menatap target lifting minyak satu juta barel dengan penuh optimisme

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendongkrak produktivitas minyak di Blok Rokan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar