Semarang (ANTARA News) - Mgr.Yohanes Pujasumarta dilantik sebagai Uskup Agung Semarang dalamperayaan Ekaristi yang digelar di Gereja Katederal Semarang, Jumat.

Upacara pelantikan yang dipimpin oleh Kardinal Julius Darmaatmaja itudiikuti lebih dari seribu umat Katolik dari wilayah Semarang dan sekitarnya.

Upacara pelantikan yang juga dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr.Leopoldo Girelli tersebut, diawali dengan perarakan rombongan Keuskupan Agung Semarang dan Keuskupan Bandung.

Puncak upacara pelantikan ini ditandai dengan penunjukan surat keputusan Paus Benediktus XVI tentang pengangkatan Mgr.Yohanes Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang.

Paus juga menilai Mgr.Pujasumarta cukup berpengalaman untuk memimpin Keuskupan Agung Semarang.

Puncak upacara pelantikan tersebut ditutup dengan penyerahan tongkat penggembalaan oleh Kardinal Julius Darmaatmaja kepada Mgr.Pujasumarta.

Paus Benediktus XVI menunjuk Mgr.Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang pada 12 November 2010. Mgr.Pujasumarta sebelumnya menjabat sebagai Uskup Bandung.

Pujasumartabergelar Doktor Teologi Spiritual lulusanUniversitas St.Thomas Aquinas Roma, Italia. Ialahir di Surakarta, 27 Desember 1949.
(ANT/A024)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011