Presiden Ceko Milos Zeman pulang dari rumah sakit

Presiden Ceko Milos Zeman pulang dari rumah sakit

Presiden Ceko Milos Zeman. ANTARA/REUTERS

Praha (ANTARA) - Presiden Ceko Milos Zeman menurut rencana akan pulang dari rumah sakit pada Rabu ini setelah dirawat selama delapan hari. 

Juru bicara Rumah Sakit Militer Pusat, melalui sebuah pesan kepada Reuters, mengatakan bahwa Zeman akan kembali ke rumah sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut dan tidak menanggapi pertanyaan perihal kondisi atau pun pengobatan yang dijalani sang presiden.

Sementara, juru bicara Zeman belum merespons permintaan untuk berkomentar. 

Kantor presiden pekan lalu mengatakan presiden menjalani pemeriksaan medis secara lengkap di rumah sakit militer Praha dan tim dokter menyatakan bahwa Zeman mengalami dehidrasi dan sedikit kelelahan.

Baca juga: Presiden Ceko Zeman masuk rumah sakit

Pemimpin berusia 76 tahun itu hampir di setiap menjalankan tugas resminya menggunakan kursi roda selama beberapa bulan karena mengidap neuropati yang memengaruhi kakinya

Pihak rumah sakit mengatakan tingkat "di atas batas" diabetes, yang dialami Zeman sejak beberapa tahun yang silam, tidak terdeteksi. Namun, masalah neuropati masih berlanjut.

Republik Ceko akan menggelar pemilihan parlemen pada 8-9 Oktober mendatang.

Kendati pemerintah memegang mayoritas kekuasaan eksekutif dalam sistem konstitusional Ceko, presiden yang terpilih secara langsung menjadi pemain inti dalam penunjukan pejabat-pejabat, termasuk perdana menteri.

Zeman mendukung perdana menteri yang sekarang, Andrej Babis, yang partai ANO populisnya unggul dalam jajak pendapat menjelang pemilu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Ceko Milos Zeman masuk RS usai cedera lengan

Baca juga: Presiden Ceko diambil sumpah untuk periode kedua

 

 

Pameran “Helpful Art in COVID” digelar di Praha

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar