BNPT gandeng KADIN untuk berantas paham radikal di kawasan industri

BNPT gandeng KADIN untuk berantas paham radikal di kawasan industri

Suasana Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jawa Barat yang meresmikan WARUNG NKRI di Amazzone World Boulevard, Jababeka, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021). ANTARA/HO-Humas BNPT.

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jawa Barat untuk memberantas paham radikal terorisme di kawasan industri.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, BNPT dan KADIN meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (WARUNG) NKRI: “Industri Aman Ekonomi Bergerak” di Amazzone World Boulevard, Jababeka, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

WARUNG NKRI tersebut merupakan wujud kerja sama antara BNPT dengan KADIN guna melindungi kawasan industri dari ancaman ideologi radikal terorisme yang dapat menyerang siapa pun dan di mana pun.

Ideologi radikal terorisme juga dapat menyerang dunia industri yang merupakan motor penggerak ekonomi negara.

Baca juga: FKPT Kalsel tegaskan negara tak akan kalah atas propaganda teroris

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengatakan bahwa WARUNG NKRI di kawasan industri dapat membangun kewaspadaan dini terhadap ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"BNPT harus membantu masyarakat untuk mengingat kembali Pancasila. Mari kita kuatkan ideologi kita agar ideologi lain tidak masuk ke masyarakat kita," tutur Boy menjelaskan.

 Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Untung Budiharto mengatakan bahwa penanggulangan terorisme merupakan tanggung jawab bersama.

Untung menyampaikan harapannya agar WARUNG NKRI ke-3 ini bisa menjadi pionir industri yang aman dari terorisme.

Baca juga: BNPT kunjungi UMKM mitra deradikalisasi di Kalimantan Timur

"Tindak terorisme tidak hanya bisa dihentikan oleh BNPT, tetapi juga oleh partisipasi bapak ibu sekalian. (Dibutuhkan, red.) antusiasme dan tanggung jawab bapak ibu untuk menyelamatkan bangsa ini," kata Untung Budiharto.

WARUNG NKRI merupakan program BNPT yang melibatkan seluruh elemen bangsa dan lapisan masyarakat dalam menggiatkan dialog-dialog kebangsaan yang sarat akan nilai persatuan, toleransi, dan gotong royong.

Pesan kebangsaan dari dalam WARUNG NKRI ini diharapkan dapat menjalar ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dapat dibendung.

Sebelumnya, BNPT bersama Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah meresmikan WARUNG NKRI di Kota Bekasi pada bulan Agustus 2021 dan bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD) di Ciluar, Kota Bogor, pada September 2021.

Baca juga: BNPT lakukan silaturahim kebangsaan ke Suku Baduy

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

19 Tahun Bom Bali, Kepala BNPT: Terorisme jangan terulang lagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar