Kompetisi ini akan mempertandingkan dua gim populer yaitu PES dan PUBG Mobile
Jakarta (ANTARA) - Turnamen esports bertajuk "Super Esports Series 2021" resmi dibuka oleh Superchallenge, yang akan menghadirkan kompetisi pada dua nomor gim yaitu Pro Evolution Soccer (PES) dan Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile dengan total hadiah Rp300 juta.

"Kompetisi ini akan mempertandingkan dua gim populer yaitu PES dan PUBG Mobile. Harapannya bisa mendorong anak muda Indonesia berprestasi di kancah esports nasional, serta mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia," tutur perwakilan Superchallenge Winata Hoeniarto dalam keterangan resminya, Rabu.

Selain itu, pelaksanaan kompetisi gim elektronik ini diharapkan bisa memajukan ekosistem esports di dalam negeri dengan memancing animo pemain-pemain muda.

Baca juga: PUBG Mobile lakukan pembaharuan permainan di versi 1.6

Berdasarkan tujuan itu, Superchallenge meracik kompetisi esports dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya agar dapat menjaring bakat muda atlet esports yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Untuk menarik minat, Superchallenge menyediakan hadiah Rp150 juta untuk masing-masing gim. Turnamen ini adalah momentum yang tepat bagi para anak muda untuk menunjukkan prestasi mereka, Winata menyebutkan.

Metode jemput bola untuk menyaring peserta sebanyak mungkin juga dilakukan panitia pelaksana, yang dilakukan dengan menyambangi berbagai komunitas esports di Indonesia.

Super Esports Series 2021 akan digelar di 17 kota dengan target sebanyak 5.000 peserta, yang terbagi atas 640 peserta (128 tim) untuk PES dan 4.096 peserta (128 tim) untuk PUBG Mobile.

Baca juga: Galaxy A52s 5G jadi ponsel resmi Piala Presiden Esports 2021

Turnamen diselenggarakan secara hybrid, mengombinasikan pranata daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Menurut jawara Euro Fans Club Championship PES 2020, Ryan Tama, kompetisi ini menjadi sinyal positif terhadap perkembangan esports di Indonesia yang semakin menggeliat.

"Dengan mengajak komunitas, kompetisi ini akan semakin solid dan menjadi wadah belajar bagi orang-orang yang ingin menggeluti dunia esports. Misalnya dengan berani tampil di kejuaraan ini, otomatis bisa membentuk mental serta mengasah kemampuan," ujar Tama.

Superchallenge juga sudah membuka pendaftaran, melalui https://superesportseries.superlive.id/ dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera di laman itu.

Baca juga: Jawara Cup ajang penggemar PUBG Mobile unjuk kemampuan
Baca juga: Piala Presiden Esports 2021 siap digelar dengan selipkan game lokal

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021