Jakarta (ANTARA News) - Pengen jalan-jalan ke luar negeri sambil mempertinggi kualitas iman dan harga yang jauh lebih murah, kunjungilah pameran wisata religi Indonesia 2011 (PWRI) di RajaMICE Kartika Expo Center, Balai Kartini yang berlangsung pada 21-23 Januari 2011.

"Ini pameran religi yang pertama dan kami telah menyiapkan paket-paket yang menarik," kata Ketua Penyelenggara PWRI 2011, Panca R Sarunggu, Jumat

Pameran biro wisata itu akan menorehkan pengalaman jalan-jalan bernuansa religi di tempat wisata domestik dan mancanegara.

Panca mengungkapkan, animo masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara ini, apalagi wisata religi memang jarang dilakukan Indonesia. Yang jelas, acara ini memberi kesempatan kepada biro perjalanan kecil untuk unjuk gigi.

Heru Leksono, Pendiri Penyelenggara Wisata Muslim, mengatakan jika pengunjung mengambil paket wisata religi ke Beijing, China, maka disamping melihat Tembok Besar dan Kota Terlarang, pengunjung juga akan bisa menyinggahi masjid terkenal di China seperti Madian dan Niujie.

"Harga ke Beijing kami jual spesial dengan USD 745," katanya dalam konferensi pers, Jumat.

Heru menjelaskan biro perjalanannya mengindahkan waktu salat, demikian pula dengan makanan halal yang selalu menjadi bahan perhatian mereka.

Acara ini diikuti 50 biro perjalanan dari Jakarta, Bogor, Bandung dan Banjarmasin. Sementara situs-situs yang ditawarkan menyangkut tempat-tempat suci banyak agama, misalnya ke Jerussalem untuk kaum Nasrani, ke Taiwan untuk pemeluk Budha, dan India untuk mereka yang berkeyakinan Hindu.

"Bagi kamu muslim yang ingin ke Jerussalem juga bisa kok," kata Panca.

Demi memuaskan pelanggan, panitia berkerjasama dengan sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Kuwait Airways dan Mandala Airlines.

Mereka juga telah menggandeng Bank Mandiri untuk memfasilitasi transaksi belanja selama tiga hari dengan penawaran khusus kemudahan pembayaran, fasiltas powerbuy dan cicilan 0 persen selama tiga bulan.

"Bank Mandiri akan memberikann fasilitas diskon dan kemudahan di dalam pameran itu," kata Poerwestri Rahayu Ningsih, Vice President Consumer Card Group Bank Mandiri.

Panitia sendiri menargetkan menarik 20 ribu pengunjung dan nilai transaksi senilai 15 miliar rupiah.(*)
adm/ar09

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011