Linimasa kasus pembunuhan Gabby Petito

Linimasa kasus pembunuhan Gabby Petito

Sejumlah benda diletakkan untuk mengenang Gabby Petito --yang jasadnya ditemukan di sebuah taman nasional di Wyoming-- di North Port, Florida, AS, 22 September. (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Jasad Gabby Petito, gadis pelancong berusia 22 tahun, ditemukan pada Minggu di sebuah taman nasional di Wyoming, Amerika Serikat, dua bulan setelah berangkat menjelajahi negeri dengan mobil van bersama tunangannya, Brian Laundrie.

Polisi masih mencari Laundrie yang belum terlihat sejak 14 September.

Berikut ini adalah linimasa kasus tersebut:

Juni

Pasangan itu berangkat dari rumah orang tua Laundrie di North Port, Florida, dengan van Ford Transit 2012 warna putih milik Petito.

Mereka berkendara ke New York untuk menghadiri acara kelulusan SMA adik laki-laki Petito.

2 Juli

Mereka meninggalkan New York untuk melakukan perjalanan panjang lewat darat ke seluruh AS. Petito berencana mendokumentasikan perjalanan mereka di YouTube dan Instagram.

4-22 Juli

Petito mengunggah sejumlah foto perjalanan mereka di Kansas, Colorado dan Utah, termasuk singgah di beberapa taman nasional. Dalam sebuah keterangan foto dia terkesan gembira saat menjelaskan "petualangannya".

26- 31 Juli

Petito mengunggah beberapa foto dari Utah, salah satunya memperlihatkan Laundrie yang menciumnya di sumber air panas Mystic.

12 Agustus

Petito mengunggah gambar-gambar dari Taman Nasional Arches di Utah dan menambahkan keterangan "pagi yang tenang".

Seorang penelepon ke panggilan darurat 911 melaporkan telah melihat pasangan itu bertengkar di depan Koperasi Masyarakat Moonflower di Moab, Utah. Laundrie terlihat menampar dan memukul Petito.

Petugas polisi Moab menghentikan van mereka di sebuah jalan raya dekat taman nasional itu. Dalam rekaman video terlihat Petito sambil menangis menceritakan pertengkaran mereka yang berakhir dengan perkelahian.

Polisi meminta pasangan itu untuk bermalam di tempat terpisah.

19 Agustus

Petito mengunggah dua foto lagi ke Instagram, salah satunya memperlihatkan gambar van putih mereka dari atas. Tak ada keterangan tempat.

24 Agustus

Petito terlihat terakhir kali saat meninggalkan sebuah hotel di Salt Lake City.

25 Agustus

Petito mengunggah foto-foto terakhirnya ke Instagram. Tak ada keterangan tempat.

Ibunya, Nicole Schmidt, berbicara dengannya untuk terakhir kali. Petito menceritakan bahwa mereka menuju Taman Nasional Grand Teton di Wyoming.

27 Agustus

Sejumlah blogger perjalanan yang melintasi Hutan Nasional Bridger-Teton di Wyoming merekam gambar video van putih mereka terparkir di pinggir jalan dekat lokasi perkemahan Spread Creek..

1 September

Laundrie pulang sendirian ke North Port, Florida dengan van putih itu.

11 September

Keluarga Petito melapor ke polisi Suffolk County, New York, bahwa Gabby telah hilang. Pencarian dimulai.

14 September

Keluarga Laundrie mengeluarkan pernyataan bahwa Brian telah menunjuk seorang pengacara dan tidak akan berbicara kepada penegak hukum.

15 September

Polisi menetapkan Laundrie sebagai "person of interest" (kemungkinan terlibat) dalam kasus itu. Mereka mengatakan Laundrie telah menolak berbicara dengan penyelidik.

17 September

Orang tua Laundrie melapor pada polisi bahwa putera mereka telah menghilang. Mereka mengaku tidak melihatnya selama tiga hari sejak dia meninggalkan rumah untuk mendaki sendirian di hutan Suaka Alam Carlton.

Polisi memulai pencarian di kawasan yang penuh rawa itu.

19 September

Sesosok jasad manusia ditemukan di Hutan Nasional Bridger-Teton di Wyoming, sekitar 300 meter dari lokasi di mana sejumlah blogger melihat van dekat perkemahan Spread Creek.

21 September

Otopsi dilakukan dan agen FBI di Denver memastikan jasad tersebut adalah Petito. Kematiannya disebabkan oleh pembunuhan.

Pencarian terhadap Laundrie terus dilakukan di Suaka Alam Carlton.

Sumber: Reuters
Baca juga: Jasad yang "identik" dengan Gabby Petito ditemukan di Wyoming
​​​​​​​

 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar