Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Kamis, dipimpin oleh semikonduktor dan bahan pokok konsumen, sementara jaminan pengembang China Evergrande yang terlilit utang mengangkat saham real estat.

Indikator utama bursa Indeks Komposit Shanghai terdongkrak 0,38 persen atau 13,73 poin menjadi menetap di 3.642,22 poin, sementara indeks saham unggulan CSI300 bertambah 0,65 persen atau 31,43 poin menjadi berakhir di 4.853,20 pon.

Sub-indeks real estat terangkat 1,8 persen, sedangkan sub-indeks perbankan turun 0,2 persen.

China Evergrande Group mengatakan pihaknya mengadakan pertemuan internal pada Rabu (22/9/2021) malam, mendesak para eksekutif perusahaan untuk memastikan kualitas pengiriman properti dan penebusan produk-produk manajemen kekayaan.

Baca juga: Saham China berakhir menguat, Indeks Shanghai naik 0,40 persen

Evergrande mengatakan telah "menyelesaikan" satu pembayaran kupon yang jatuh tempo pada Kamis tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut, sehingga tidak jelas apakah ini artinya pembayaran bunga obligasi dolar senilai 83,5 juta dolar AS yang jatuh tempo pada hari ini.

Analis Mizuho Bank mengatakan mereka memperkirakan bank sentral China akan dengan tegas mempertahankan neraca keuangan perusahaan tersebut untuk mencegah risiko keuangan sistematis dan kasus gagal bayar obligasi Evergrande akan dihindari.

Bahan pokok konsumen menguat 1,3 persen, sedangkan sub-indeks energi jatuh 2,1 persen.

Kabinet China berjanji pada Rabu (22/9/2021) untuk meluncurkan kebijakan guna meningkatkan konsumsi, dan menggunakan lebih banyak langkah berbasis pasar untuk menstabilkan harga-harga komoditas.

Sub-indeks semikonduktor, sub-indeks infrastruktur, dan sub-indeks pertahanan masing-masing bertambah lebih dari 2,0 persen.

Baca juga: Saham China dibuka anjlok, tertekan kekhawatiran dampak Evergrande

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021