Saham Australia sentuh tertinggi 7 minggu, Evergrande tenangkan pasar

Saham Australia sentuh tertinggi 7 minggu, Evergrande tenangkan pasar

Ilustrasi: Bursa saham Australia (Reuters)

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir di level tertinggi tujuh minggu pada Kamis, dipimpin oleh perusahaan teknologi dan energi karena berita positif dari pengembang China Evergrande Group menenangkan kegelisahan investor, sementara sikap hawkish dari Federal Reserve AS juga meningkatkan sentimen.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia menguat 1,00 persen atau 73,30 poin menjadi ditutup pada 7.370,20 poin, dengan semua sektor berwarna hitam. Indeks acuan terangkat 0,32 persen pada Rabu (22/9/2021).

Ketiga indeks utama di Wall Street bertambah sekitar 1,0 persen semalam, setelah The Fed menyatakan belum cukup siap untuk mengendorkan dukungan bagi ekonomi, sementara kekhawatiran gagal bayar oleh pengembang properti yang kekurangan uang, China Evergrande, juga mereda.

Baca juga: Saham Australia naik untuk sesi ketiga terangkat teknologi dan energi

"The Fed mengakui bahwa ekonomi dapat bertahan dengan sendirinya pasti memberikan catatan positif bagi para investor, ketika mereka menerima kekhawatiran tentang pengurangan stimulus dengan tenang," kata Henry Jennings, analis senior di Marcustoday Financial Newsletter.

"Hari krisis untuk Evergrande mungkin telah berlalu dan kejatuhan apa pun sekarang mungkin hanya berdampak pada pasar China."

Saham sektor energi melonjak 2,78 persen karena harga minyak memperpanjang kenaikannya pada Kamis, menguat lebih tinggi di tengah meningkatnya permintaan bahan bakar dan penarikan persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan karena terhambatnya produksi di Teluk Meksiko setelah diterpa dua badai.

Saham kelas berat Whitehaven Coal Ltd dan Washington H Soul Pattinson and Company Ltd memimpin kenaikan pada sub-indeks energi, masing-masing melambung 7,24 persen dan 5,95 persen.

Baca juga: Saham Australia dibuka jatuh, tertekan harga tembaga yang lemah

Saham sektor teknologi lokal terangkat 3,01 persen, mengikuti kenaikan di Indeks Komposit Nasdaq yang menguat 1,02 persen semalam.

Perusahaan fintech EML Payments Ltd memimpin kenaikan dengan melonjak 4,49 persen, diikuti oleh beli sekarang, bayar kemudian Afterpay Ltd yang melonjak 4,20 persen.

Pengecer pakaian Premier Investments melonjak 5,1 persen, menandai hari terbaiknya dalam tiga minggu setelah melaporkan lonjakan 97,30 persen dalam laba bersih tahunan sebelum pajak.

Sementara itu, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru menguat 0,68 persen atau 90,12 poin menjadi berakhir pada 13.305,92 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar