Jakarta (ANTARA News) -630 siswa dari 58 sekolah menengah unggulan se-Jabodetabek mengikuti olimpiade keilmuan dan ajang dialog lingkungan "Debat Ekologi" memperebutkan Piala Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di SMA Unggulan Muhammas Husni Thamrin Senin, para siswa selain olimpiade kelimuan, seluruh peserta juga akan ber lomba di bidang olah raga dan seni.

Menurut panitia penyelenggara, yang dilaksanakan para siswa kelas 1 dan kelas 2 SMAN Unggulan MH Tharmrin itu, ajang kompteisi ini juga untuk membuktikan sekolah yang terbaik.

Para peserta di tingkat SMP favorit diikuti 33 sekolah yang akan mengikuti lomba Matematika, IPA, dan olaharaga Bola Basket. Sedangkan tingkat di SMA diikuti 25 sekolah favorit yang akan mengikuti lomba Debat Ekologi, seni seperti musik Perkusi dan Modern Dance, serta Tari Saman.

Kepala sekolah MH Thamrin H. Djumadi MPd mengatakan, kegiatan lomba ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan keilmuan dari para siswa di kawasan Jakarta dan sekitarnya, untuk menghadapi era global yang penuh dengan persaingan dan juga persoalan yang semakin kompleks.

"Dengan memperlengkapi para siswa dengan wawasan yang luas dan beragam di bidang keilmuan serta membangun mental yang tangguh, maka siswa-siswa Indonesia diharapkan sudah siap untuk menjawab tantangan global yang akan menjadi masa depan mereka kelak," kata Djumadi.

Sementara itu, para siswa yang mengikuti lomba pada umumnya berharap bahwa kegiatan kompetisi dapat semakin menambah wawasan, pengalaman dan membangun mental yang semakin baik bagi para siswa.

"Ajang kompetisi ini bisa memperluas wawasan saya dan teman-teman, tetapi juga mengukuhkan bahwa sekolah kamilah yang terbaik," kata Ines, siswa kelas 2 SMAN 81 Jakarta.

Menurut Amar, siswa kelas 1 SMAN 39 Jakarta, kegiatan lomba bisa melatih mental pelajar untuk bisa menjawab berbagai persoalan di masa depan sehingga kelak bisa lebih siap saat memasuki dunia pekerjaan.

Bagi Sangghadatu AM, siswa kelas 3 SMP Labschool, Rawamangun, Jakarta, lomba-lomba ?science? sangat diperlukan kalau perlu diperbanyak, karena dari situlah akan muncul pelajar-pelajar terbaik seluruh Indonesia yang bisa memajukan negeri.

SMA yang ikut ajang lomba di antaranya SMAN 8 Jakarta, SMAN 81, Jakarta, SMAN 70 Jakarta, SMAN 39 Jakarta, SMAN 48 Jakarta, SMA Al-Azhar 1 Jakarta, SMA Labschool Kebayoran, SMAN MH Thamrin, dan SMAN 2 Tangerang serta SMAN 2 Depok.

Di tingkat SMP, sekolah yang berpartisipasi antara lain SMPN 115 Jakarta, SMPN 49 Jakarta, SMPN 252 Jakarta, SMP Krsiten Penabur 7, SMPN 109 Jakarta, SMP Labschool Kebayoran dan Rawamangun Jakarta, dan SMP Al-Azhar 12 Rawamangun, Jakarta.(*)
R018/B011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011