Wall Street dibuka menguat, kebangkitan pasar berlanjut

Wall Street dibuka menguat, kebangkitan pasar berlanjut

Para pialang sedang bekerja di lantai Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat ANTARA/Reuters.

New York (ANTARA) - ​​​​​​Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, menguat pada pembukaan perdagangan Kamis pagi waktu setempat, mencoba memulihkan sebagian kerugian September.

Sesaat setelah bel pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average melambung 377,45 poin, atau 1,10 persen, menjadi 34.635,77. Indeks S&P 500 meningkat 41,82 poin atau 0,95 persen menjadi 4.437,46. Indeks Komposit Nasdaq naik 99,60 poin atau 0,67 persen menjadi 14.996,45.

Semua 11 sektor utama Indeks S&P 500 menguat pada perdagangan pagi, dengan sektor keuangan dan energi masing-masing naik 1,8 persen dan 1,5 persen, memimpin keuntungan.

Pergerakan tersebut mengikuti sesi optimis di mana Indeks Dow Jones ditutup naik lebih dari 300 poin.

Momentum pasar muncul meskipun data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pertama kali meningkat minggu lalu.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan pada Kamis bahwa klaim pengangguran awal AS, sebuah cara kasar mengukur PHK, tercatat 351.000 dalam pekan yang berakhir 18 September, menyusul angka revisi naik 335.000 pada minggu sebelumnya. Angka tersebut melampaui perkiraan pasar 320.000.

Investor terus mencerna pernyataan terbaru dari bank sentral AS, Federal Reserve (Fed).

Bank sentral AS pada Rabu mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah pada level rekor terendah mendekati nol, yang menandakan bank sentral mungkin mulai mengurangi pembelian aset segera, meskipun varian Delta meningkatkan ketidakpastian ekonomi.

Meskipun reli baru-baru ini, ekuitas AS telah mengalami volatilitas pada September. Pada penutupan Rabu, Indeks Dow Jones turun sekitar tiga persen untuk bulan tersebut, sedangkan Indeks S&P 500 dan Indeks Nasdaq keduanya turun lebih dari 2 persen untuk pengembalian bulanan.

 

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar