Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan rasa optimistisnya jika penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung dengan baik.

“Harapan saya PON berlangsung sukses dan dapat dinikmati oleh masyarakat,” kata Johnny G. Plate melalui siaran pers yang diterima ANTARA, Kamis malam.

Untuk mendukung kelancaran perhelatan olahraga multi cabang itu, Kominfo telah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi dan komunikasi publik secara prima.

Menkominfo menyampaikan jika kunjungannya ke Kota dan Kabupaten Jayapura memiliki dua agenda. Pertama terkait tugas pokok dan fungsi Kominfo dalam akselerasi digital, yaitu menindaklanjuti pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Papua. Kedua adalah terkait komunikasi publik pelaksanaan PON Papua.

Johnny mengapresiasi kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang telah menyiapkan berbagai perangkat agar komunikasi publik berjalan dengan baik.

Baca juga: Kominfo alokasikan bandwidth 11 Gbps amankan internet PON Papua
Baca juga: Cek infrastruktur telekomunikasi PON, Menkominfo kunjungi Papua


Menkominfo mengharapkan pelaksanaan PON Papua dapat sukses dalam tiga hal sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses administrasi. Diharapkan masyarakat menikmati pesta olahraga empat tahunan dengan kegembiraan yang bisa menyebar hingga seluruh pelosok.

"PON adalah etalase Papua dan Indonesia di lingkungan global. Kita bisa menyampaikan pada dunia bahwa kita bisa menyelenggarakan pesta olahraga di tengah pandemi dengan tetap mentaati protokol kesehatan,” kata Johnny saat mengunjungi Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Kamis.

Terkait pembangunan jaringan telekomunikasi berkualitas pada saat PON XX Papua, Kominfo menurut Johnny, mendukung melalui layanan jaringan telekomunikasi seluler 4G. Hal ini mengingat, akses komunikasi menjadi pilar penting dalam menyukseskan ajang olahraga PON Papua.

Seluruh lokasi dan arena yang dijadikan tempat kompetisi olahraga dan sarana pendukung lainnya dipastikan memiliki akses komunikasi seluler 4G. Pemerintah mengambil berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan yang layanan telekomunikasi pada kedua ajang olahraga.

Kominfo telah membangun rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut yang terdapat di kedalaman 4000 meter di sebelah Utara Jayapura. Hal tersebut, dilakukan agar jaringan telekomunikasi yang dibangun dapat memberikan akses komunikasi seluler 4G ketika penyelenggaraan PON.

Selain itu, dengan berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler, Kominfo juga berkomitmen menjaga jaringan telekomunikasi pada ajang olahraga tersebut tetap berkualitas.

Dengan begitu, kapasitas dari trafik paket data jaringan telekomunikasi seluler 4G dapat digunakan secara optimal selama ajang olahraga tersebut berlangsung.

Baca juga: Infrastruktur TIK untuk PON Papua sudah siap

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal IKP Usman Kansong mengatakan, pihaknya menyiapkan Media Center Kominfo PON Papua di tiga Klaster, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Media Center tersebut dapat dimanfaatkan awak media peliput PON.

Ditjen IKP juga menyediakan microsite infopublik.id/ponpapua yang berisikan informasi terkait penyelenggaraan PON dan Papua secara umum. Konten-konten berupa berita hardnews, berita feature, berita foto dan video di microsite www.infopublik.id/ponpapua bisa diakses, diunduh untuk kemudian disebarkan lebih luas sehingga masyarakat memperoleh informasi yang utuh terkait PON dan dampaknya.

Keberadaan portal ini, kata Dirjen IKP, untuk mendukung penyediaan informasi di Main Center Panitia Besar PON (PB PON) pada www.ponxx2021papua.com.

“Diharapkan teman-teman media terlebih yang tidak datang ke Papua, tetap bisa memperoleh informasi penyelenggaraan PON,” katanya.

Baca juga: Panitia PON Papua sebut pertandingan hari pertama berjalan lancar

Media Center Cluster Kabupaten Jayapura bertempat di Ballroom Hotel Allison, dan telah beroperasi pada 20 September hingga 15 Oktober 2021. Working area jurnalis mampu menampung 100 awak media.

Sementara Media Center Claster Kabupaten Mimika bertempat di Ballroom Hotel Mozza, beroperasi mulai 26 September hingga 15 Oktober 2021. Cluster ini memiliki daya tampung working area 50 awak jurnalis. Terakhir, IKP Kominfo menyediakan Media Center Klaster Kabupaten Merauke yang bertempat di Gedung Perpustakaan Daerah Merauke. Operasional fasilitas ini mulai 20 September hingga 15 Oktober 2021 dengan memiliki daya tampung yang dapat mencapai 50 awak jurnalis dari media lokal di Kabupaten Merauke dan sekitarnya. Selain akses melalui microsite, Media Center Kominfo di setiap Cluster juga bisa dimanfaatkan awak media dalam memproduksi berita sendiri.

Di setiap Media Center Claster tersedia ruang kerja yang dilengkapi perangkat komputer, mesin pencetak (printer), dan jaringan internet berkecepatan tinggi. Juga tersedia sarana yang memudahkan media berinteraksi dengan narasumber saat konferensi pers. Di setiap Media Center Kominfo PON Papua diterapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini untuk mendukung terlaksananya PON Papua yang sukses penyelenggaraan dan pengendalian COVID-19.

Baca juga: Sesmenpora: Masyarakat akan taat prokes jika sosialisasi PON masif
Baca juga: BMKG kawal informasi cuaca seluruh klaster pertandingan PON

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021