PON Papua

Tim Futsal Papua kantongi kemenangan atas Sumut

Tim Futsal Papua kantongi kemenangan atas Sumut

Tim Futsal Papua berhadapan dengan Tim Futsal Sumut pada pembukaan pertandingan cabor Futsal PON XX Papua di GOR Futsal Timika, Jumat (24/9/2021). (ANTARA/SAR Timika)

Timika (ANTARA) - Tim Futsal Papua mengantongi kemenangan tipis dengan skor 2-1 atas Tim Sumatera Utara dalam pertandingan pembuka cabang olahraga Futsal PON XX Papua yang berlangsung di GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 itu, Jumat.

Gol kemenangan Tim Papua dicetak Rivaldo Cosmos Rawar (9) dan Ardiansyah Runtuboy (12) melalui titik penalti, sementara satu-satunya gol balasan Tim Sumut dicetak oleh Syauqi Saud (7).

Kedua tim bergabung dalam Grup A bersama Kepulauan Riau (Kepri), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca juga: Tim futsal Papua targetkan medali emas di PON Papua

Pertandingan antara Tim Futsal Papua dengan Tim Futsal Sumut itu disaksikan cukup banyak penonton yang dibatasi dengan kuota 25 persen mengacu pada protokol kesehatan.

Kedua tim tampil ngotot untuk bisa meraih kemenangan. Beberapa kali terjadi jual-beli serangan.

Namun Tim Futsal Papua yang diperkuat atlet nasional Ardiansyah Runtuboy dan pemain liga pro FX Mikus Tanu (10) secara perlahan mulai mendominasi penguasaan bola.

Adapun Tim Sumut menerapkan strategi menekan ketat, membuat Tim Papua kesulitan mencetak gol.

Kebuntuan Tim Papua untuk mencetak gol baru terpecahkan setelah Rivaldo Cosmos Rawar yang berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Tim Sumut yang dikawal Christian Saragih (1).

Gol Rivaldo memanfaatkan sepak pojok.

Usai gol Rivaldo, Tim Sumut mulai keluar menyerang. Upaya Syauqi Saud melalui sepakan keras dari luar kotak penalti berhasil ditepis kiper Papua Ayub Balubun (1).

Baca juga: Futsal Sumatera Utara siap hadapi tuan rumah PON Papua

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Papua.

Pada paruh babak kedua, Papua kembali menambah pundi-pundi golnya melalui Ardiansyah Runtuboy setelah Papua mendapat hadiah penalti lantaran salah seorang pemainnya diganjal pemain Sumut.

Sebelum akhir babak kedua, Tim Sumut memperkecil ketertinggalan melalui kaki Syauqi Saud, memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Papua.

Skor 2-1 untuk keunggulan Papua bertahan hingga akhir pertandingan.

Pada hari pertama pertandingan cabang futsal, digelar tiga pertandingan yaitu Tim Papua melawan Sumut pada Grup A, sementara pada siang hari akan bertanding Tim Jawa Barat melawan Tim Banten pada Grup B serta Tim Sulawesi Selatan dan Tim Maluku Utara pada Grup B pada petang hari.

Tim Jabar merupakan juara bertahan cabang futsal pada PON IX Jawa Barat 2016.

Satu slot Grup B cabang futsal diisi oleh Tim Jawa Timur.

Baca juga: Futsal Kepri optimistis tembus semifinal PON XX Papua
Baca juga: Tim futsal Malut siap mainkan laga perdana di PON Papua

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar