China telah mengekspor 215 juta dosis vaksin untuk Indonesia

China telah mengekspor 215 juta dosis vaksin untuk Indonesia

Tangkapan layar Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian ketika menyampaikan pernyataan pers secara virtual tentang kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Jumat (24/9/2021). ANTARA/Yashinta Difa.

China akan terus melakukan apa yang bisa dilakukan untuk mendukung Indonesia dan upaya (penanganan) pandeminya,” ujar dia, menegaskan.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan farmasi China yaitu Sinovac dan Sinopharm telah mengekspor 215 juta dosis vaksin COVID-19 ke Indonesia hingga saat ini, yang merupakan 20 persen dari total vaksin yang diekspor China ke negara-negara lain.

Vaksin dari China juga mencakup 80 persen dari total vaksin COVID-19 yang diamankan oleh Indonesia.

“Sejak pandemi COVID-19 dimulai, China dan Indonesia telah saling mendukung dalam memerangi penyakit tersebut,” kata Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian ketika menyampaikan pernyataan pers secara virtual tentang kedatangan vaksin Sinovac pada Jumat.

Sebanyak lima perusahaan vaksin China telah bekerja sama dengan Indonesia dalam riset dan pengembangan, pengadaan, dan produksi melalui berbagai teknologi seperti inaktivasi virus, proteion rekombinan, adenovirus activator, serta vaksin mRNA.


Baca juga: Emirates sudah angkut 7 juta dosis vaksin COVID-19 ke Indonesia

Lebih lanjut, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa China secara aktif mendukung Indonesia untuk membangun pusat pembuatan vaksin regional.

“Diyakini dalam waktu dekat, Indonesia tidak hanya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi juga bisa mengekspor vaksin,” tutur dia.

Kerja sama vaksin antara China dan Indonesia sesuai dengan prinsip yang disampaikan Presiden Xi Jinping dalam Sidang ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa “vaksin perlu dijadikan barang publik global” yang aksesibiltas dan keterjangkauannya di negara berkembang harus dipastikan.

Merujuk pada pernyataan tersebut, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa China akan menjunjung tinggi visi komunitas kesehatan global untuk semua dan mendukung Indonesia memerangi COVID-19.


Baca juga: Indonesia terima donasi 1,2 juta vaksin AstraZeneca dari Prancis

“China akan terus melakukan apa yang bisa dilakukan untuk mendukung Indonesia dan upaya (penanganan) pandeminya,” ujar dia, menegaskan.

Xiao Qian juga mengumumkan komitmen pemerintah China untuk menyumbangkan 1 juta dosis vaksin COVID-19 bagi Indonesia, menyusul kedatangan 1 juta dosis vaksin Sinovac dari China di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat.


Baca juga: Indonesia terima kedatangan 684.900 dosis AstraZeneca tahap ke-73


Baca juga: 1,1 juta dosis vaksin Pfizer tahap tiga dari AS tiba di Indonesia


Beserta ketibaan vaksin sumbangan pemerintah China tersebut, Indonesia menerima 1 juta dosis vaksin COVID-19 yang diberikan perusahaan Sinovac secara gratis dan 200 ribu dosis vaksin Sinovac dari Palang Merah China (Red Cross Society of China).


Baca juga: Terima 2 juta vaksin Sinovac, Indonesia amankan 273,6 juta dosis

Baca juga: Sebanyak 871.650 dosis vaksin Pfizer dari AS tiba di Indonesia


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia datangkan 3,5 juta vaksin dalam 4 tahapan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar