Penajam, Kaltim (ANTARA) -
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah bekerja sama dengan kepolisian, untuk bersama-sama mengurangi dan memberantas mafia tanah sarnpai ke akarnya karena mafia ini meresahkan masyarakat.

"Dalam upaya memerangi kejahatan pertanahan atau yang dikenal dengan mafia tanah, Kementerian ATR/BPN bekerja sarna dengan kepolisian untuk bersama-sama memberantas mafia tanah," ujar Asisten I Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sodikin, di Penajam, Jumat.

Pernyataan tersebut merupakan sambutan Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil, yang dibacakan Sodikin saat memimpin upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang yang digelar di Kantor ATR/BPN Kabupaten PPU.

Baca juga: Gubernur Riau: ASN/non ASN Riau jangan jadi bagian mafia tanah

Beberapa kasus besar sudah diungkap, ada yang sudah divonis dan ada juga yang sedang dalarn proses hukum, sehingga bagi pegawai Kementerian ATR/BPN baik ASN ataupun PPNPN, diingatkan jangan sekali-kali menjadi bagian dari mafia tanah.

"Saya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bahkan memecat oknum yang terbukti terlibat dalam mafia tanah," katanya dalam sambutan. Dalam rangka percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), menteri ATR/BPN mengajak gubemur dan bupati/wali kota untuk menyukseskan program ini.

Baca juga: Menteri harap BRIN bawa teknologi Indonesia melompat jauh
 
Caranya dengan membantu masyarakat kurang marnpu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL, kemudian membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB, sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai.

"Masih banyak dijumpai kendala sertipikat tidak terbit karena masyarakat tidak mampu membayar bea perolehan hak atas tanah dan bangunan," katanya.

Baca juga: Ketua KPK harap tak ada lagi korupsi sektor agraria

Menteri juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para gubernur, bupati/wali kota, camat, kepala desa, dan lurah yang telah bekerja sama dengan jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan Program Strategis Kementerian ATR/BPN.

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 ini mengusung tema percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang profesional.

Ia juga mengatakan, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyclnformation System Tata Ruang di antaranya RTR-Online, RDTR-Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021