Pemkot Jaksel kembali selenggarakan bazar daring produk UMKM

Pemkot Jaksel kembali selenggarakan bazar daring produk UMKM

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) mengadakan bazar daring bertajuk "Blanjajaksel" mulai 24-28 September 2021. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi.)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan kembali menyelenggarakan bazar daring bertajuk "blanjajaksel" yakni memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berupa barang dan jasa.

Bazar diselenggarakan oleh Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Selatan, di Jakarta Selatan, pada 24-28 September 2021.

Kepala Seksi Perdagangan Sudin PPKUKM Jakarta Selatan, Abdi Nusa, di Jakarta, Kamis, mengatakan, kegiatan bazar tersebut melibatkan sekitar 200 pelaku UMKM untuk membantu memasarkan produknya kepada masyarakat. 

"Ada 20 UMKM di setiap kecamatan yang menjadi peserta bazar. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, pada kondisi pandemi COVID-19 saat ini," katanya.

Menurut Abdi Negara, sebelumnya, Sudin PPKUKM Jakarta Selatan telah mengadakan bazar serupa pada Agustus lalu, yang diikuti sekitar 300 pelaku UMKM. 

Baca juga: Wagub DKI dorong warga beli fesyen produk UMKM

Abdi Negara menyebut, menurunnya peserta bazar pada September ini karena daya beli masyarakat pada bazar bulan Agustus lalu masih rendah. "Bisa juga masyarakat berbelanja secara daring di tempat lainnya," katanya.

Para pelaku UMKM tersebut, kata dia, menawarkan produknya tidak hanya melalui daring "blanjajaksel.com" tapi juga ada yang menawarkan produknay melalui media sosial lainnya, seperti instagram.

Untuk dapat membeli produk yang dipasarkan, masyarakat dapat mengakses laman www.blanjajaksel.com lalu memilih produk yang ingin dibeli mulai 24-28 September 2021. Produk-produk yang dipasarkan antara lain fesyen, kuliner, dan suvenir. Produk yang dibeli akan dikirim pada 29 September 2021.

Sudin PPKUKM Jakarta Selatan juga siap mengadakan bazar luring, mulai Senin pekan depan, akan diikuti sekitar  680 pedagang yang tersebar di 10 kecamatan di Jakarta Selatan. "Semoga melalui bazar daring dan luring ini dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM," katanya,

Baca juga: PKK Jaksel dirikan warung virtual bagi UMKM
Baca juga: HIPMI Jaya salurkan bantuan bagi pelaku UMKM di Jakarta Selatan

 

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DPRD & KPPI Banten dorong potensi kewirausahaan perempuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar