KJRI Mumbai selenggarakan wayang orang "Gana Kalajaya"

KJRI Mumbai selenggarakan wayang orang "Gana Kalajaya"

Konsulat Jenderal RI di Mumbai berkolaborasi dengan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menyelenggarakan sebuah pertunjukan virtual Wayang Orang "Gana Kalajaya", pada 25 September 2021. (ANTARA / Dokumentasi KJRI Mumbai)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI di Mumbai berkolaborasi dengan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menyelenggarakan sebuah pertunjukan virtual Wayang Orang "Gana Kalajaya", pada 25 September 2021, yang dimulai pada pukul 19.00 sampai  22.00 Waktu Indonesia Barat (WIB)  atau pukul  17.30 – 20.30 Waktu Standar India.

Pertunjukan wayang orang tersebut sebagai upaya berkelanjutan dalam mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat India dan dunia, sekaligus mengangkat kemiripan serta keunikan warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia dan India, berdasarkan keterangan dari KJRI Mumbai di Jakarta, Jumat.

Wayang Orang “Gana Kalajaya” adalah sebuah cerita klasik tentang Bathara Gana / Ganesha dalam versi Indonesia, yang menceritakan tentang kelahiran Bathara Gana / Bathara Ganesha, kesuksesan dan kesaktiannya sampai dianugerahi gelar sebagai Dewa di dalam mitologi kehidupan dewa-dewa di Kahyangan.

Wayang Orang “Gana Kalajaya” adalah kreasi spesial Yasan Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Baca juga: KJRI Mumbai meriahkan "Vivekananda Mumbai Peace Marathon"

Bathara Gana yang merupakan tokoh sentral dalam pertunjukan ini digambarkan sebagai makhluk berbadan manusia dan berkepala gajah yang memiliki kesaktian dan gading yang kuat.

Karena jasanya dalam menaklukkan raja raksasa Prabu Nilaudraka, ia diangkat sebagai salah satu Dewa di Kahyangan dengan gelar Bathara Gana atau Bathara Ganesha sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan.

Bathara Gana/Bathara Ganesh/Bathara Ganesha dan bagi rakyat India lebih dikenal sebagai "Lord" Ganesha, adalah salah satu Dewa yang diagungkan di dalam kehidupan masyarakat Hindu di India.

"Lord" Ganesha antara lain dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, ilmu pengetahuan dan keberuntungan. Pemilihan cerita Gana Kalajaya pada pertunjukan kali ini dirasa sesuai dengan suasana perayaan Ganesh Chaturti di India, terutama di Mumbai, Maharashtra, yang berlangsung selama sepuluh hari pada awal September.

Baca juga: Indonesia promosikan potensi ekonomi di Mumbai

Pertunjukan Wayang Orang: Bathara Gana Kalajaya”, akan digelar secara live dari Gedung Pertunjukan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta dan disiarkan secara streaming melalui kanal YouTube dan Zoom, agar dapat disaksikan oleh masyarakat dan berbagai kalangan di Mumbai, Maharashtra dan berbagai wilayah lainnya di India.

Pertunjukan ini juga dapat disaksikan oleh masyarakat di Indonesia dan berbagai negara lainnya.

Selain sebagai bagian dari kegiatan promosi pariwisata, seni dan budaya, penyelenggaraan pertunjukan virtual Wayang Orang Gana Kalajaya juga merupakan
bagian dari Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76.

Melalui pertunjukan virtual Wayang Orang “Bathara Gana Kalajaya” ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan Indonesia dan India, serta meningkatkan hubungan "people to people contact" serta kunjungan wisatawan India ke Indonesia di masa mendatang

Baca juga: Kemendikbudristek dan KJRI Mumbai gelar kelas bahasa Indonesia
Baca juga: KJRI Mumbai hadirkan sendratari Mahabaratha virtual Sabtu malam

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar