Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga pada Piala Sudirman di Finlandia kembali menjalani latihan pada hari kedua untuk memulihkan kondisi fisik setelah melalui perjalanan melelahkan.

Kasubid Pengembangan Sport Science sekaligus pelatih fisik Iwan Hermawan menyebutkan bahwa latihan kali ini tetap dengan tujuan untuk pengembalian kebugaran, "feeling" dan akurasi pukulan.

"Latihan yang yang dirancang hari ini kami harap agar dalam dua atau tiga hari ke depan bisa membuat kondisi pemain lebih optimal dan kembali siap untuk menghadapi pertandingan," tutur Iwan melalui keterangan resmi PBSI, Jumat.

Dalam sesi latihan ini, sektor ganda putra terlihat lebih bersemangat di bawah arahan kepala pelatih Herry Iman Pierngadi. Kevin Sanjaya, Marcus Gideon, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Fajar Alfian, dan Rian Ardianto berlatih gim dengan antusiasme tinggi.

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia jalani latihan perdana di Finlandia

Berbeda dengan kemarin, kali ini tim ganda putra berlatih tanding satu lawan satu dengan setengah lapangan untuk empat arah. Menurut Herry, latihan ini dimaksudkan untuk mengembalikan rasa pukulan.

"Dengan ruang permainan yang lebih kecil dan terbatas bagi pemain, latihan ini ditujukan untuk memantapkan pukulan saja," Herry menyebutkan.

Total sebanyak 20 pemain di bawah arahan pelatih, menjalani persiapan di arena latihan yang disediakan panitia di Hameenkylan Liikuntahall, Vantaa.

Meski singkat, latihan yang memanfaatkan seluruh sembilan lapangan ini dianggap sangat penting. Kondisi kebugaran pemain diharapkan lebih meningkat, pukulan pemain pun kembali diasah.
Persiapan teknik ini merupakan latihan kedua yang dilakoni para pemain selama di Vantaa setelah latihan perdana pada Kamis.

Sementara bagi Melati Daeva Oktavianti, latihan kedua ini dirasakan lebih baik dibanding latihan kemarin.

"Memang rasanya masih susah bernafas karena udara dingin. Namun latihan kedua ini rasanya jauh lebih baik. Badan sudah tidak kaku-kaku seperti kemarin," sebut Melati.

Baca juga: 38 anggota timnas bulu tangkis Piala Sudirman bertolak ke Finlandia
Baca juga: Hendra Setiawan ingin tim bermain lepas di Piala Sudirman
Baca juga: Peta kekuatan lawan dan peluang Indonesia di Piala Sudirman 2021

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021