PT PP dukung pengembangan desa wisata di lima destinasi pariwisata

PT PP dukung pengembangan desa wisata di lima destinasi pariwisata

Candi Borobudur di Jawa Tengah yang merupakan salah satu Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas/DPSP. ANTARA/Ahmad Wijaya

Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, mendukung pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa wisata di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas/DPSP.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi perseroan untuk dapat berperan serta dalam pembangunan salah satu balai ekonomi desa atau balkondes yang berlokasi di Jawa Tengah ini," kata Sekretaris Perusahaan PT PP (Persero) Yuyus Juarsa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan usai perseroan menghadiri undangan rapat konsolidasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Rapat tersebut diselenggarakan dalam rangka mendukung pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa wisata di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan usai penyelenggaraan rapat, perseroan mengikuti kunjungan ke badan usaha milik desa/Bumdes dan balai ekonomi desa/Balkondes di sekitar Borobudur, Jawa Tengah, yang turut dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas/DPSP yang ditetapkan pemerintah adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Blakondes yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan BUMN tersebut merupakan homestay yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berlibur di sekitar daerah Borobudur sehingga para wisatawan tidak harus menginap di Yogyakarta.

"Dengan adanya balkondes tersebut diharapkan dapat memajukan pariwisata desa, mengurangi tingkat urbanisasi bagi para muda-mudi, dan meningkatkan potensi desa," kata Yuyus.

Penghargaan TJSL
Yuyus juga mengatakan PT PP menerima penghargaan dari Warta Ekonomi dalam ajang Indonesia Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan/TJSL Awards 2021 yang dilakukan secara virtual. Dalam ajang penghargaan tersebut, perseroan menyabet penghargaan Best TJSL 2021 with Outstanding Community Facilities and Infrastructure Development Program dengan kategori Infrastructures Services.

"Perseroan mengucapkan terima kasih kepada Panitia dan Warta Ekonomi yang telah memberikan kepercayaan kepada Perseroan untuk menerima penghargaan dalam ajang TJSL Awards 2021 tersebut. Penghargaan ini diperoleh berkat penyaluran dana TJSL yang cukup signifikan," kata Yuyus.

Selain itu, penghargaan tersebut juga diberikan atas sejumlah program unggulan yang dijalankan oleh perseroan di bidang TJSL. Sebagai salah satu BUMN, perseroan berharap dapat terus menjalankan dan meningkatkan program TJSL guna mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mensos Risma fasilitasi eks gelandangan dan pemulung kerja di perusahaan BUMN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar