Jakarta (ANTARA) - Raisa Andriana membagikan makna kecantikan positif agar para wanita di Indonesia mampu menerima diri apa adanya dan menjalani hidup maksimal tanpa rasa kurang percaya diri.

Ia membagikan tiga hal yang bisa dipahami wanita Indonesia yaitu empowerment, kebahagiaan, dan memahami kecantikan itu sendiri agar kecantikan yang positif bisa dirasakan setiap harinya.

"Semua wanita memiliki peran penting untuk saling memberikan empowerment dalam berbagi hal positif dan mendukung satu sama lain. Apalagi di masa penuh tantangan ini, ada baiknya jika kebiasaan empowerment atau saling memberdayakan ini diterapkan dalam kehidupan sehari- hari," kata Raisa dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: Raisa rilis single "You Better Believe Me", gandeng rapper Kara Chenoa
Baca juga: Raisa rilis video musik kolektif "Love & Let Go"


Ada banyak hal yang bisa dilakukan sesama wanita untuk memberikan dukungan kepada satu sama lain, mulai dari hal kecil seperti membagikan komentar positif di media sosial, atau menyapa sahabat dan teman terdekat menggunakan pesan yang bisa berisi apresiasi atau pujian.

Siap menjadi tempat cerita untuk teman- teman wanita yang ada di sekitarmu untuk menjadi sandaran satu sama lain dan dengan demikian setiap wanita bisa menguatkan satu sama lain.

Kedua baginya hal penting untuk memaknai cantik yang positif adalah mendalami kebahagiaan.

“Aku percaya kalau kebahagiaan itu punya keajaiban yang dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan indah,” kata istri dari Hamish Daud itu.

Menciptakan bahagia bagi diri sendiri juga penting untuk mendapatkan kecantikan positif dan penerimaan penuh pada diri sendiri.

Kebahagiaan dalam kecantikan positif menurut Raisa, akan semakin maksimal ketika bisa menular atau dibagikan kepada orang lain bahkan hingga ke lingkungan yang lebih besar lagi.

Ia memberikan tips agar anda bisa bahagia dengan maksimal, anda harus fokus pada diri sendiri dan menjadikan kegiatan yang disukai sebagai sumber kebahagiaan.

Tidak perlu membandingkan kehidupan anda dengan orang lain karena tentu setiap orang memiliki masalah dan juga cerita yang berbeda.

Lakukan afirmasi diri sendiri sehingga anda bisa merasakan kebahagiaan yang maksimal.

"Sering-sering tersenyum dan melontarkan motivasi positif ke diriku sendiri. Contohnya setiap pagi setelah bangun tidur, aku akan bilang pada diriku sendiri sambil bercemin 'Kamu cantik, Kamu hebat, Kamu bisa'," kata Raisa.

Hal terakhir dalam pemaknaan cantik yang positif, Raisa mengajak setiap pribadi untuk mengenal arti kecantikan yang sesungguhnya.

Tak perlu terpatok standar yang ditayangkan di televisi maupun dunia maya karena setiap orang memiliki keunikannya masing- masing.

"Nah kecantikan positif sendiri menurutku lebih dari sekedar penampilan, karena semua wanita diciptakan dengan kecantikannya masing-masing," ujar wanita yang sudah memiliki satu orang anak itu.

Salah satu hal yang penting baginya sebagai musisi dan juga ibu yang memiliki aktivitas padat dalam menjaga kecantikan adalah bisa tampil prima dalam setiap aspek termasuk menjaga kondisi kulit tetap sehat.

"Cantik itu dimulai dari dalam. Semua aktivitas yang saat ini ku lakukan sangat membantu untuk dapat terlihat tetap prima dengan kulit yang terawat. Merasa puas dan percaya diri dengan diri sendiri."

"Percaya diri merupakan kunci yang membuat wanita terlihat lebih cantik dan bisa memancarkan kebahagiaan dengan energi yang positif. Aku juga berusaha tidak memusingkan hal-hal kecil yang mengakibatkan kesedihan. Lebih baik fokus terhadap diri sendiri dan lakukan hal yang disukai ketimbang menjadikan pandangan orang lain sebagai tolak ukur. Jadi, lebih baik jika seorang wanita mengenali pesona istimewa yang dimiliki dirinya dan tidak dimiliki wanita lain," katanya.

Raisa ingin berbagi arti cantiknya dengan wanita Indonesia lainnya, ia menyiapkan sebuah produk perawatan berbasis prebiotik dan probiotik yang akan dirilis pada 30 September 2021 mendatang.

Baca juga: Cara Raisa atasi "burn out" di masa pandemi dan puasa

Baca juga: "Me time" ala Raisa, manggung hingga nonton drama Korea

Baca juga: Raisa akui tak produktif menulis lagu saat pandemi corona

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021