Wapres imbau ambil hikmah pandemi peluang untuk lebih inovatif

Wapres imbau ambil hikmah pandemi peluang untuk lebih inovatif

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan kuliah umum pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama Blitar melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres, di Jakarta, Sabtu (25/9/2021). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Masalah pandemi COVID-19 yang sedang kita hadapi perlu diambil hikmahnya.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, untuk dapat mengambil hikmah dari krisis pandemi COVID-19 sebagai peluang untuk lebih kreatif dan inovatif.

"Masalah pandemi COVID-19 yang sedang kita hadapi perlu diambil hikmahnya sebagai tantangan sekaligus peluang bagi generasi milenial untuk lebih kreatif dan inovatif," kata Wapres pada  acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar melalui konferensi video, Sabtu.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kata Wapres lagi, seluruh anak muda harus dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan pemikiran dan cara baru yang dapat memberikan nilai tambah.

"Ide berinovasi biasanya datang dari tantangan atau kesulitan yang dihadapi dan dilahirkan oleh para milenial yang kreatif dan melek teknologi," ujar Wapres pula.

Pada era Revolusi Industri 4.0. saat ini, Wapres mengimbau seluruh masyarakat sebagai sumber daya manusia (SDM) Indonesia dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan terus berinovasi.

Wapres juga mengingatkan agar generasi milenial tetap memiliki sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain di tengah perkembangan iptek dan teknologi informasi saat ini.

"Tidak kalah penting juga, harus mampu untuk bersikat tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, yaitu bertoleransi, berempati, dan bersosialisasi dengan kedamaian dalam pergaulan," katanya.

Oleh karena itu, Wapres berharap UNU Blitar dapat membimbing seluruh mahasiswa peserta didiknya dalam menerapkan sikap tasamuh, karena Indonesia merupakan negara majemuk dengan beragam budaya, agama, suku dan ras.

Wapres juga mendorong UNU Blitar untuk mengembangkan penelitian dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak bagi kemajuan kampus tersebut dan bangsa Indonesia.

"Saya mendorong UNU Blitar untuk terus mengembangkan riset serta meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri, lembaga riset, perguruan tinggi lain dan Pemerintah," ujar Wapres.
Baca juga: Wapres sebut vaksin COVID-19 terhadap lansia masih jadi prioritas
Baca juga: Wapres: Pandemi jadi tantangan sektor pariwisata bangkit


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres dorong santri berinovasi di era industri 4.0

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar