Jakarta (ANTARA) - Paru-paru adalah organ vital dalam tubuh sehingga memiliki paru- paru yang sehat akan membuat manusia hidup lebih maksimal.

Namun seringkali banyak orang kerap mengalami keluhan dan perubahan terkait pola kerja paru- parunya yang sudah menjadi peringatan dari tubuh namun cenderung dibiarkan dan akhirnya menjadi masalah serius.

Untuk itu anda perlu mengetahui tanda- tanda yang diberikan oleh tubuh bahwa paru- paru anda bermasalah agar bisa ditangani sedini mungkin.

Berikut Ahli Nutrisi dari India Lovneet Batra membagikan lima peringatan penting yang diberikan tubuh bahwa paru- paru anda bermasalah mengutip dari Indian Express, Sabtu.

Nyeri Dada

Nyeri dada yang melebihi durasi satu bulan, menjadi tanda pertama yang harus diwaspadai terkait kondisi paru- paru dalam bahaya atau tidak.

Jika nyeri dada yang semakin terasa sakit ketika bernafas atau ketika batuk, maka itu menjadi peringatan penting bahwa ada sesuatu yang salah pada kondisi paru- paru anda.

Dahak kronis

Dahak merupakan produksi dari saluran pernafasan sebagai tanda dari tubuh terjadinya infeksi dan iritasi.

Jika anda mengalami dahak yang berlebihan misalnya seperti dalam kurun waktu sebulan, kondisi itu bisa menjadi indikasi ada yang tidak beres dengan paru- paru anda.

Berat badan turun drastis

Berat badan anda turun mendadak padahal anda tidak melakukan diet maupun olahraga?

Hati- hati, itu merupakan sinyal penting lainnya yang dikirim oleh tubuh, menunjukan ada bagian dari tubuh anda yang digerogoti oleh tumor.

Sebenarnya penurunan berat badan drastis ini tidak hanya menjadi tanda khusus untuk paru- paru bermasalah. Tapi juga menjadi sinyal dari tubuh bahwa ada organ vital yang diserang oleh tumor.

Namun jika tanda ini dibarengi dengan dua tanda sebelumnya, artinya kemungkinan besar anda memiliki masalah dengan kondisi paru- paru.

Perubahan pernafasan

Selain nyeri dada, ketika anda bernafas dan merasakan sesak atau mudah lelah ternyata menjadi tanda paru- paru anda dalam keadaan tidak baik- baik saja.

"Penumpukan cairan dari karsinoma atau pun tumor yang telah menghalangi saluran nafas dapat menjadi salah satu penyebab dari sesaknya nafas dan mengubah pernafasan menjadi tidak nyaman," kata Lovneet.

Batuk terus menerus hingga batuk berdarah

Batuk yang terus menerus lebih dari satu bulan apalagi jika disertai dengan darah sudah masuk dalam kategori kondisi kronis.

Itu merupakan gejala yang paling penting dan memberitahu anda bahwa sistem pernafasan anda bermasalah.

Anda wajib ke berkonsultasi dengan ahli paru- paru atau dokter terkait kondisi tersebut agar hal- hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Selain itu, jika ternyata masih belum kronis, maka paru- paru anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan hasilnya anda akan bisa kembali sehat seperti sedia kala.

Baca juga: PDPI minta perokok berhenti merokok lindungi paru-paru dari kerusakan

Baca juga: Sering salah kaprah, ini beda rokok dengan tembakau alternatif

Baca juga: Hoaks! Minuman probiotik cegah kanker paru-paru

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021