Jakarta (ANTARA) - Firma keamanan yang dipekerjakan ayah Britney Spears memantau panggilan suara dan pesan singkat dari telepon sang penyanyi pop selama konservatori yang berlangsung sesak 2008, berdasarkan dokumenter New York Times yang dirilis Jumat.

Dalam "Controlling Britney Spears", Alex Vlasov yang merupakan mantan pegawai Black Box Security yang bekerja dalam tim Britney selama hampir sembilan tahun mengatakan perusahaan itu melakukan "mirroring" pada telepon Britney legaat iPad dengan log in ke akun iCloud Britney. Perangkat untuk menguping juga ditempatkan di kamarnya, kata Vlasov.

Dia juga pernah diminta melakukan enkripsi sebagian teks percakapan Spears sehingga bisa dikirimkan Kepala ayahnya, Jamie Spears, dan pegawai firma manajemen bisnis yang disewa Jamie.

Baca juga: Ayah Britney Spears minta hakim akhiri konservatori putrinya

Baca juga: Britney terharu dengan gerakan dukungan #FreeBritney


Dikutip dari Reuters, ketika Vlasov mempertanyakan pemantauan itu, dikatakan komunikasi Britney Spears dipantau untuk perlindungan dan keamanan sang penyanyi, dan pengadilan yang mengawasi konservatori mengetahuinya, begitu pula pengacara Britney saat itu. Salah satu yang dimonitor adalah diskus antara Britney Spears dan pengacara Sam Ingham, kata Vlasov.

Vivian Thoreen, pengacara Jamie Spears, tidak mendiskusikan tuduhan spesifik, tapi mengatakan keputusan Jamie brada dalam parameter otoritas yang Siberian pengadilan untuknya, serta dilakukan atas sepengetahuan dan persetujuan Britney, pengacara yang ditunjuk dan/atau pengadilan.

"Rekam jejak Jamie sebagai konservator dan persetujuan pengadilan atas apa yang dilakukan adalah buktinya," kata Thoreen, menambahkan bahwa Jamie Spears telah membantu putrinya merehabilitasi karier putrinya dan memperbaiki keuangan Britney.

Pengacara President Black Box Security Edan Yemini, dalam pernyataan yang ditunjukkan dalam dokumenter, mengatakan bahwa Yemini dan Black Box bekerja secara profesional sesuai etika dan aturan. Perusahaan itu juga bangga bisa bekerja dengan baik menjaga keamanan Britney Spears selama bertahun-tahun.

Pengacara baru Britney, Mathew Rosengart, mengatakan dalam pernyataan bahwa dia akan menyelidiki tuduhan baru itu.

"Memantau komunikasi Britney, terutama komunikasi pengacara-klien, mewakili pelanggaran privasi dan kebebasan sipil yang mengejutkan dan memalukan."

"Controlling Britney Spears" dirilis Jumat di FX dan Hulu. Dokumenter ini dirilis oleh sinus yang sama yang membuat "Framing Britney Spears" pada Februari lalu.

Baca juga: Pengacara Britney Spears harap konservatori selesai musim gugur 2021

Baca juga: Netflix hadirkan dokumenter "Britney Vs. Spears" 28 September

Baca juga: Britney Spears umumkan pertunangan dengan Sam Asghari

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021