Jakarta (ANTARA) - Balap seri pemungkas musim kejuaraan dunia World Superbike yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, diundur satu pekan dari jadwal semula ke 19-21 November 2021.

Mandalika Grand Prix Association selaku penyelenggara, dalam keterangan tertulis pada Sabtu, mengungkapkan salah satu alasan diundurnya ajang balap WSBK di Mandalika dari tanggal aslinya, yakni 12-14 November, karena adanya pertimbangan logistik dan pengiriman barang.

"Selain itu, balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis, namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia," demikian MGPA.

Kembalinya seri WSBK ke Indonesia, sejak terakhir kali menjadi tuan rumah pada 1994-1997, tentunya sangat ditunggu oleh para fan yang memiliki basis kuat di Tanah Air.

Baca juga: Menteri ESDM pastikan pasokan listrik Mandalika siap untuk WSBK 
Baca juga: BAKTI pastikan sinyal telekomunikasi jelang WSBK kualitas prima 


Tak hanya itu, Sirkuit Mandalika untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah Idemitsu Asia Talent Cup, yang juga dikelola oleh Dorna Group, pada 12-14 November.

"Ini adalah tonggak sejarah bagi Mandalika International Street Circuit sebagai tuan rumah World SBK dan IATC, dan merupakan hal paling penting bagi Dorna Group untuk selalu bekerja sama dan menjalin hubungan dengan Indonesia melalui promotor MGPA," demikian pernyataan MGPA.

Pebalap Turki Toprak Razgatlioglu (Yamaha) sementara memimpin klasemen pebalap dengan koleksi 399 poin, unggul satu poin atas pebalap Inggris Jonathan Rea (Kawasaki) dan kompatriotnya Scott Redding (Ducati) dengan 339 poin menuju empat seri terakhir musim ini.

Sementara itu, pengerjaan aspal trek Sirkuit Mandalika telah dirampungkan pada pertengahan Agustus lalu, dan sirkuit sepanjang 4,3km itu disiapkan juga untuk menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan.

Kendati kalender MotoGP 2022 belum dirilis oleh Dorna Sports, Sirkuit Mandalika sudah mendapatkan slot untuk menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari, satu pekan berselang setelah tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia. 

Baca juga: Bypass BIL-Mandalika siap sambut World Superbike Mandalika 

Baca juga: Kemenhub komitmen mendukung World Superbike di sirkuit Mandalika 

Baca juga: Bamsoet apresiasi progres persiapan WSBK di Sirkuit Mandalika 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021