PON Papua

Jawa Timur punya skuad mumpuni pada cabang olahraga tenis PON Papua

Jawa Timur punya skuad mumpuni pada cabang olahraga tenis PON Papua

Petenis ganda putri Indonesia Beatrice Gumulya (kanan) dan Jessy Rompies memukul bola kearah petenis Thailand Peangtarn Plipuech dan Tamarine Tanasugarn dalam final ganda putri SEA Games 2019 di lapangan Rizal Memorial Tennis Center, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Jessy dan Beatrice berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand 2-0 (6-3, 6-3). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Jakarta (ANTARA) - Jawa Timur mempunya skuad mumpuni pada cabang olahraga tenis Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dengan hadirnya deretan petenis papan atas Indonesia.

Seperti misalnya, Christopher Rungkat yang kerap menjadi andalan Merah Putih di berbagai ajang internasional. Dia adalah peraih emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada sektor ganda campuran bersama Aldila Sutjiadi yang juga memperkuat tim tenis putri Jawa Timur.

Christo, sapaan akrab Christopher Rungkat , dan Aldila juga merupakan peraih emas nomor ganda campuran pada SEA Games 2019 di Filipina. Selain itu, keduanya diandalkan pada sektor tunggal maupun ganda putra dan putri.

Baca juga: Hasil drawing tenis beregu putra dan putri pada PON Papua

Masih ada sejumlah nama lainnya yang acap kali masuk skuad Merah Putih seperti David Agung Susanto, M Rifqi Fitriadi, dan Anthony Susanto.

Berdasarkan daftar Peringkat Nasional Pelti (PNP) keempat petenis putra Jawa Timur adalah mereka yang berada di posisi lima besar. David dan Rifqi masing-masing berada di peringkat pertama dan kedua. Sementara Anthony dan Christo di urutan keempat dan kelima.

Dengan komposisi pemain tersebut, Jawa Timur akan menjadi tim yang harus diwaspadai lawan pada pesta olahraga terbesar di Tanah Air nanti.

Baca juga: Menpora akan berkantor di Papua untuk pastikan PON lancar
 

Selain diperkuat Aldila, Jawa Timur juga memiliki deretan petenis top nasional lainnya seperti Beatrice Gumulya, Jessy Rompies, dan Nadia Ravita.

Mereka adalah petenis berpengalaman dan sering berkompetisi di level internasional. Bahkan tahun ini, Aldila dan Jessy telah mengantongi gelar di turnamen level dunia.

Aldila musim ini meraih dua gelar juara nomor ganda putri dalam turnamen ITF yang bergulir di Amerika Serikat, masing-masing di Charleston bersama Fanni Stollar (Hungaria) dan di Bonita Springs, Florida bersama Erin Routliffe (Selandia Baru.

Jessy juga meraih satu gelar internasional pada nomor ganda putri sepanjang musim ini di turnamen WTA Thoreau Tennis Open 125K Series di Concord, Amerika Serikat, bersama Peangtarn Plipuech asal Thailand.

Baca juga: Dana tambahan Rp1,4 triliun untuk PON Papua sudah disahkan

Pertandingan cabang olahraga tenis pada PON Papua akan dimulai dengan mempertandingkan nomor beregu putra dan putri pada Minggu (26/9). Untuk tim putra, Jawa Timur tergabung di Pool A bersama Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara tim putri, Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan akan mengawali babak penyisihan berhadapan dengan Papua Barat dan Kalimantan Selatan di Pool A.

Baca juga: Presiden Jokowi akan buka PON Papua
Baca juga: Kominfo siapkan rute jaringan dan cadangan untuk PON Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wali Kota Malang minta berapa pun level PPKM tetap waspada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar