Susur Sungai Batanghari meriahkan Festival Candi Muaro Jambi

Susur Sungai Batanghari meriahkan Festival Candi Muaro Jambi

Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari dalam rangkaian kegiatan Festival Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi pada 2021 masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. ANTARA/HO-Diskominfo Muaro Jambi.

Kita ingin Festival Candi Muaro Jambi menjadi festival berskala internasional dengan menghadirkan kesenian, budaya daerah dan kearifan lokal masyarakat Jambi
Jambi (ANTARA) - Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari memeriahkan Festival Candi Muaro Jambi ke-16 yang masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021.

“Festival Candi Muaro Jambi dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 23 sampai 25 September, di hari kedua dilaksanakan lomba perahu hias susur Sungai Batanghari,” kata Bupati Muaro Jambi Masnah Busro saat menutup Festival Candi Muaro Jambi di Candi Muaro Jambi, Sabtu.

Masnah menjelaskan lomba perahu hias susur sungai tersebut direncanakan dilaksanakan di kanal kuno di dalam kawasan Candi Muaro Jambi. Namun kegiatan tersebut belum dapat dilaksanakan karena kanal kuno tersebut masih belum bisa dilintasi perahu.

Masnah berharap di tahun yang akan datang kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi selesai dilakukan pembangunan ulang, sehingga wisata susur kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi dapat dilaksanakan.

“Saat ini sudah sepuluh kilometer kanal kuno yang sudah di buka kembali, masih tersisa sekitar tujuh kilometer yang harus di buka, harapannya dapat bantuan dari Kementerian untuk membuka kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi,” kata Masnah Busro.

Dengan direhabilitasinya kanal kuno tersebut maka sebelum memasuki kawasan percandian wisatawan terlebih dahulu menyusuri kanal kuno, sehingga menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Candi Muaro Jambi.

Selain lomba perahu hias susur sungai, Festival Candi Muaro Jambi dimeriahkan dengan penampilan seni budaya, pameran, bazar, lomba masakan daerah ikan senggung, gulai pucuk rotan dan gangan mangut.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan di tahun yang akan datang seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi akan berpartisipasi dalam festival Candi Muaro Jambi dengan menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah-nya masing-masing.

“Kita ingin Festival Candi Muaro Jambi menjadi festival berskala internasional dengan menghadirkan kesenian, budaya daerah dan kearifan lokal masyarakat Jambi,” kata Al Haris.

Festival Candi Muaro Jambi tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan percandian Muaro Jambi dan dapat mendukung program pemulihan ekonomi nasional dengan pelaksanaan festival secara rutin setiap tahun.

Baca juga: Nadiem akan laporkan potensi mendunia Candi Muaro Jambi ke Presiden

Baca juga: Pemprov Jambi bentuk tim ahli cagar budaya kawasan Candi Muaro Jambi

Baca juga: Wignyo Rahadi buat peragaan busana virtual di Candi Muaro Jambi

Baca juga: Candi Muaro Jambi dan janji-janji pengembangannya

 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sanksi bagi angkutan batubara pelanggar jam operasional di Jambi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar