Papua (ANTARA) - Lampung juara umum hapkido yang merupakan satu dari 10 cabang eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dengan meraih empat medali emas dan satu medali perak.

Cabang olahraga beladiri hapkido berlangsung di Hotel Suni Garden Lake, kawasan Sentani Kabupaten Jayapura, 24 hingga 25 September 2021.

Keempat medali emas tersebut dipersembahkan oleh Dio Oktavianus di kelas under 58 kg, kemudian Yansa Eko Sugiono under 62 kg, Tiana Silviani under 51 kg, selanjutnya Yunita Sari 59 kg, dan medali perak dipersembahkan oleh Ida Ayu Putu Andini under 67 kg

Baca juga: Lampung raih empat medali emas hapkido di Pon Papua

"Ini adalah sebuah kebanggaan bagi kami, tentu saya selaku pengurus sangat terharu. Karena, ini adalah momentum bagi kami untuk bisa terus semangat dan giat berlatih untuk menjadi lebih baik lagi," kata Kabid Bindpres Pengprov Hapkido Lampung, Ida Bagus Wiguna, saat ditemui di Jayapura, Minggu.

Sebab, lanjut Ida Bagus, konsen yang diutamakan oleh Hapkido Lampung adalah meraih dan mempertahankan prestasi di berbagai level pertandingan.

Menurutnya, mempertahankan prestasi sangat sulit, dirinya selalu menanamkan kepada semua atlet binaan, untuk tidak jumawa dan tinggi hati ketika meraih predikat juara.

"Harus tetap waspada dan berlatih," tegasnya.

Karena, ia menambahkan ke depannya adalah bisa membawa Hapkido Lampung juara di berbagai level, khususnya PON 2024.

Baca juga: Aceh berangkatkan tim hapkido ke PON Papua
Baca juga: Hapkido Aceh bidik prestasi PON Papua 2021

"Terimakasih atas dukungan dari KONI, khususnya Binpres. Yang benar - benar memperhatikan cabang olahraga eksibisi di perhelatan PON Papua XX kali ini. Harapan saya, pembinaan ini terus berkelanjutan," tegas Ida Bagus.


Sementara tiga besar cabang olahraga hapkido, yakni DIY menempati urutan kedua dengan meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan tiga perunggu. Dan urutan ketiga ditempati Sumatera Barat dengan satu emas, dua perak, dan satu perunggu. Cabang olahraga hapkido sendiri diikuti 15 provinsi

Sepuluh cabang olahraga eksibisi di PON Papua yakni kick boxing, sambo, kurash, triathlon, kabaddi, ju-jitsu, hapkido, para motor, e-sport, dan modern pentathlon.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021