Sepekan, penyaluran BST COVID-19 berhenti hingga Gerakan Mobil Masker

Sepekan, penyaluran BST COVID-19 berhenti hingga Gerakan Mobil Masker

Arsip Foto - Petugas kantor Pos Banda Aceh menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga penerima manfaat di Banda Aceh, Aceh, Jumat (6/11/2020). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/pras.

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita dalam sepekan yang menarik perhatian pembaca, di antaranya positivity rate COVID-19 di Indonesia turun, penyaluran bantuan sosial tunai (BST) COVID-19 tidak dilanjutkan, dan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat Papua.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan positivity rate Indonesia yang kini berada di bawah 2 persen mengindikasikan penanganan pandemi COVID-19 berjalan dengan baik.

Baca juga: Luhut: "Positivity rate" turun indikasikan baiknya penanganan pandemi

Kemensos tak lanjutkan penyaluran BST COVID-19

Kementerian Sosial tak lagi melanjutkan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) COVID-19, karena hanya diberikan pada saat kedaruratan saja.

Baca juga: Kemensos tak lanjutkan penyaluran BST COVID-19

Satgas: "Positivity rate" COVID-19 capai titik terendah selama pandemi

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan "positivity rate" mingguan di Indonesia mencapai tingkat terendah sejak pandemi terjadi.

Baca juga: Satgas: "Positivity rate" COVID-19 capai titik terendah selama pandemi

Satgas: Usia di bawah 12 tahun boleh masuk mal di lokasi tertentu

Satgas Penanganan COVID-19 mulai mengizinkan penduduk pada usia kurang dari 12 tahun untuk memasuki kawasan pusat perbelanjaan atau mal di beberapa wilayah tertentu.

Baca juga: Satgas: Usia di bawah 12 tahun boleh masuk mal di lokasi tertentu

Pemerintah tetapkan hari libur nasional 2022 berjumlah 16 hari

Pemerintah menetapkan hari libur nasional tahun 2022 sebanyak 16 hari sementara cuti bersama akan ditetapkan kemudian sambil melihat perkembangan pandemi COVID-19, kata pejabat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Tahun 2022 telah ditetapkan untuk libur nasional berjumlah 16 hari," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca juga: Pemerintah tetapkan hari libur nasional 2022 berjumlah 16 hari

Reisa: Vaksinasi COVID-19 syarat penting transisi pandemi jadi endemi

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan vaksinasi COVID-19 menjadi syarat penting untuk menjalani proses transisi dari pandemi menjadi endemi.

"Maka itu pencapaian target cakupan vaksinasi harus tercapai, karena vaksinasi sudah terbukti melindungi kita dari sakit parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan menekan angka kematian," ujarnya.

Baca juga: Reisa: Vaksinasi COVID-19 syarat penting transisi pandemi jadi endemi

BPJS: Sustainabilitas JKN-KIS bergantung pengelolaan kefarmasian

Pengelolaan kefarmasian di era JKN-KIS harus dilakukan secara efektif dan efisien sebab berdampak terhadap sustainabilitas program itu, kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Hal itu ia sampaikan dalam The 3rd Pharmacoeconomics and Outcomes Reseach Virtual Conference 2021 yang diselenggarakan oleh Malaysian Society for Pharmaeconomics and Outcome Research (MY-SPOR) dan dihadiri oleh berbagai pakar ternama dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Taiwan, Afrika, dan Malaysia.

Baca juga: BPJS: Sustainabilitas JKN-KIS bergantung pengelolaan kefarmasian

Pakar: Libur panjang akhir tahun berpotensi meningkatkan angka kasus

Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Iwan Ariawan mengatakan libur panjang akhir tahun berpotensi menyebabkan kasus COVID-19 meningkat signifikan jika tidak diantisipasi

"Libur panjang yang disertai peningkatan mobilitas penduduk dan minim protokol kesehatan menjadi risiko tinggi terjadinya lonjakan kasus," kata Iwan Ariawan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pakar: Libur panjang akhir tahun berpotensi meningkatkan angka kasus

Kemendikbudristek sebut 97,2 persen sekolah tak miliki kasus COVID-19

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Jumeri mengatakan sebanyak 97,2 persen sekolah tidak memiliki kasus COVID-19 di satuan pendidikan tersebut.

“Angka 2,8 persen satuan pendidikan itu bukanlah data klaster COVID-19, tetapi data satuan pendidikan yang melaporkan adanya warga sekolah yang pernah tertular COVID-19. Jadi 97,2 persen sekolah tidak memiliki warga sekolah yang terinfeksi COVID-19,” ujar Jumeri di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut 97,2 persen sekolah tak miliki kasus COVID-19

BNPB selenggarakan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat Papua

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat Papua dalam mendukung penyelenggaraan PON XX di Papua yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BNPB dan Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Subsatgas Prokes) PON XX Papua memberikan penguatan prokes dengan menurunkan gerakan mobil masker yang disebar di empat wilayah pusat pertandingan yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.
Baca juga: BNPB selenggarakan Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat Papua
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Tangerang salurkan BST untuk 9.988 warga terdampak pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar