Ternate (ANTARA) - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Maluku Utara (Malut) menyatakan, jajaran pelatih akan mengevaluasi kekalahan dua kali berturut-turut tim Malut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX berlangsung di Mimika, Provinsi Papua.

"Selain mengevaluasi hasil kekalahan itu, manajer, pelatih dan seluruh pemain futsal Malut yang tampil di PON XX Papua tahun 2021 meminta maaf kepada masyarakat Malut, setelah kalah telak dari Jawa Barat dengan skor 0-6  di GOR Futsal SP 2 Mimika, Sabtu (25/9) Sore," kata Ketua AFP Malut, Aldhi Ali, Minggu.

Sebelumnya juga, anak asuh M Triyoga ini juga dikalahkan Provinsi Sulawesi Selatan di laga perdana dengan skor 1-4.

Kekalahan ini kata Aldhi, sebagai pelajaran bagi tim dan ke depan Malut bisa belajar dan berbicara banyak untuk mengharumkan nama Provinsi Malut di event nasional.

"Sekali lagi mewakili manajemen tim, pemain dan pelatih memohon maaf sebesar-besarnya atas kekalahan kedua kalinya dan ini belum maksimal, tapi managemen berjanji dalam kesempatan di dua laga tersisa akan tampil maksimal," katanya.

Sebelumnya, Manajer Futsal PON Malut, Aldhy Ali yang didampingi pelatih M Triyoga dan dua pemain, memohon maaf atas hasil yang kurang menggembirakan di dua laga awal Malut di PON 2021.

Aldhi juga mengakui, tim Futsal Maluku Utara peluang sangat kecil untuk lolos dari grup B. Untuk itu, di dua laga sisa nanti, pelatih kepala akan menurunkan pemain muda yang memiliki potensi di PON berikutnya, guna menambah jam terbang.

"Dalam laga selanjutnya, pelatih kepala akan menurunkan para pemain muda untuk menambah jam terbang," katanya.

Tim PON Malut saat ini belum mengantongi poin dari dua lagi, sedangkan Jawa Barat menempati posisi pertama dengan poin 6 dari dua kemenangan, posisi kedua ditempati Sulawesi Selatan dengan poin 4, dengan sekali menang dan sekali imbang. Posisi ketiga, ditempati Jawa Timur yang dalam laga sore tadi bermain imbang dengan Sulsel, serta Banten di posisi ke 4 dan Malut sebagai juru kunci di grup B.

Untuk laga selanjutnya, Maluku Utara akan menghadapi Jawa Timur pada 28 September dan melawan Banten pada 29 September 2019.

Sebelumnya, tim futsal PON Malut  pernah menunjukkan prestasi gemilang pada PON yang berlangsung di Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2016 dengan meraih medali perak, setelah dalam laga final kalah tipis 1-2  dari tim tuan rumah Jabar.

Baca juga: Tim futsal Sulsel catat kemenangan perdana usai tekuk Maluku Utara 4-1
Baca juga: Kedatangan tim futsal Maluku Utara disambut warga di Timika
Baca juga: Tim futsal Maluku Utara targetkan medali di PON Papua

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021