Menko Airlangga ajak pemuda jadi wirausaha sosial

Menko Airlangga ajak pemuda jadi wirausaha sosial

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar di Jakarta, Kamis (9/9/2021). ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian.

Wirausaha sosial tidak hanya berorientasi profit, namun juga banyak menjalankan berbagai peran untuk memberdayakan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak generasi muda menjadi wirausaha sosial yang memberdayakan masyarakat saat pandemi COVID-19.

“Wirausaha sosial tidak hanya berorientasi profit, namun juga banyak menjalankan berbagai peran untuk memberdayakan masyarakat,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Melalui berbagai dukungan dari pemerintah, lanjut Airlangga, diharapkan juga dapat mendorong minat kalangan pemuda untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Dukungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, membantu dan menjaga keberlangsungan usaha pelaku usaha mikro menghadapi dampak pandemi, pengembangan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta mengembangkan kewirausahaan,” ujarnya.

Airlangga menyampaikan pandemi COVID-19 telah menyebabkan berbagai dampak bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Selama pandemi terjadi penurunan rasio penduduk bekerja terhadap jumlah penduduk usia kerja dibanding sebelum pandemi terjadi. Hal tersebut menjadikan pengangguran terbuka dan kemiskinan menjadi tantangan yang harus segera dapat diatasi.

“Untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, Pemerintah terus melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai instrumen penanganan di sisi kesehatan maupun pemulihan ekonomi, yang mencakup aspek kesehatan, perlindungan sosial, dukungan bagi UMKM dan korporasi, dukungan bagi program prioritas, serta insentif usaha,” ujar dia

Lebih lanjut Airlangga menyampaikan bahwa dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional memerlukan peran serta dan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk dari para pemuda dan kader Karang Taruna di seluruh Indonesia.

Para pemuda dan kader Karang Taruna diharapkan dapat turut serta menjadi relawan dan berperan luas, seperti menjadi tenaga kesehatan, membantu mengampanyekan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi hingga pelaksanaan 3M.

“Karang Taruna diharapkan dapat turut mengaktualisasikan peranannya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Semoga Karang Taruna dapat berperan besar dalam upaya pencegahan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata dia.

Baca juga: Airlangga tegaskan komitmen transformasi ke arah ekonomi sirkular
Baca juga: Menko Airlangga: Keterlibatan insinyur penting untuk pulihkan ekonomi
Baca juga: Realisasi dana PEN UMKM capai Rp52,91 triliun


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menko Perekonomian distribusi bantuan PKL dan borong suvenir WSBK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar