Kekuatan atlet-atlet esports yang berlaga di Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 sangat merata
Jayapura (ANTARA) - Cabang olahraga ekshibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi ditutup dengan disaksikan hampir 7,7 juta penonton di YouTube.

"Secara keseluruhan, pertandingan ekshibisi esport PON XX Papua 2021 disaksikan hampir 7,7 juta viewers di YouTube," kata Sekjen Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI), Frengky Ong, di arena hoki dan kriket Doyo Baru, Jayapura, Minggu.

Pertandingan PUBG Mobile di hari ketiga yang disiarkan di akun YouTube PUBG Mobile Indonesia ditonton oleh hampir satu juta dua ratus ribu viewers dan menjadi trending topik no.12 untuk All Categories.

Baca juga: Jawa Barat rebut emas PES esport PON Papua

Selain itu, Frengky menambahkan bahwa pengikut akun YouTube PB ESI juga melonjak pesat sebesar 696 persen.

Frengky mengungkapkan, dengan makin seriusnya pembinaan yang dilakukan oleh PB ESI dan ESI provinsi serta kabupaten/kota, dan didukung oleh makin meratanya jaringan broadband yang terus diperluas jangkauannya oleh pemerintah, PB ESI optimistis akan mampu menjaring lebih banyak talenta-talenta esport potensial yang siap berprestasi mengharumkan nama Indonesia di pentas antarbangsa.

"Kekuatan atlet-atlet esports yang berlaga di Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 sangat merata. Tidak ada satu provinsi yang tampil dominan. Ini mengonfirmasi bahwa pembinaan-pembinaan di seluruh provinsi di Indonesia sudah berjalan baik dan tidak terjadi kesenjangan," ujar Frengky.

Keberhasilan ekshibisi esports PON XX Papua 2021 menurut Frengky juga telah menggugah perhatian publik tentang potensi cabang olahraga elektronik ini dalam turut menggerakkan aktivitas sportainment dan sport-tourism yang bernilai ekonomi.

"Kami mendapatkan respons positif dari masyarakat Papua dan provinsi-provinsi lain yang menjadi terpacu untuk berkolaborasi bersama pengurus ESI di tingkat daerah guna menggelar turnamen-turnamen esport setelah mereka menyaksikan kemeriahan, kreativitas, dan positifnya nilai-nilai yang dihadirkan para insan esport nasional di ajang Eksibisi Esports PON XX Papua 2021," kata Frengky.

Baca juga: Sulawesi Tenggara gondol emas di ekshibisi esport Free Fire PON Papua

Pada Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 kali ini, medali emas di empat kategori pertandingan dibagi rata oleh empat provinsi.

Pada kategori MLBB, setelah melewati laga yang sengit melawan Tim Jawa Tengah di babak grand final, tim Kalimantan Barat yang terdiri atas Alrazali, Frengki, Kevin Almeyda, Novianda Kusuma Prapanca dan Riandy, berhasil merebut medali emas. Perak diraih oleh Jawa Tengah dan perunggu diraih oleh Sulawesi Utara.

Pada kategori PUBG Mobile, tim DKI Jakarta yang terdiri atas Eksa, Jason, Bagas dan Bagus berhasil menuai medali emas setelah menyisihkan Tim Papua Barat yang harus puas dengan medali perak dan Sulawesi Utara sebagai peraih medali perunggu.

Sementara, untuk kategori Free Fire, medali emas berhasil direbut oleh Tim Sulawesi Tenggara yang terdiri atas Rafli Aidil Fitrah, Muhammad Fikri Alief, Sapri Danmas Budiana, dan Muhammad Tauhid.

Medali perak direbut oleh tim Bengkulu dan medali perunggu untuk kategori ini diraih oleh Tim Maluku.

Baca juga: Mengenal Stanley Tjia, wasit esport Indonesia berlisensi internasional

Pada kategori PES 2021, tim favorit Jawa Barat yang diperkuat oleh Rizky Faidan dan Ferry Purnama Gumilang, berhasil meraih medali emas setelah menumbangkan tim kuat lainnya yaitu Tim Kalimantan Selatan yang harus puas pulang dengan raihan medali perak. Perunggu pada kategori ini direbut oleh tim Gorontalo.

Meskipun diselenggarakan sebagai pertandingan persahabatan, pertandingan gim lokal karya anak bangsa Lokapala patut menjadi catatan tersendiri.

Tak kalah dengan kategori-kategori utama, pertandingan persahabatan game lokal Lokapala juga mendapatkan respons antusias dari publik.

Pada kategori ini, tim Jeet Esports yang terdiri atas Dicxon Fernando, Dzikri Adinulloh, Gurbinder Singh, Vesa Herawan dan Yohanes Ibrahim berhasil menjadi jawara setelah mengungguli tim Dewa United.

Dewa United Esports, yang diperkuat oleh Denis Haris Prayogo, Indrawan Prasetyo, Mokhamad Yusuf Afrizal, Muhammad Iqbal Bekasi dan Roger Jeremy di peringkat kedua.

Sementara, tim Capital Esports yang terdiri atas Arbi Yusuf Ramanda, Fazri Rohi Dedza, I Kadek Arya Wiratama, Li men, dan R Asnawi di peringkat ketiga.

Baca juga: DKI Jakarta sabet emas PUBG Mobile ekshibisi esport PON Papua

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021