Jakarta (ANTARA News) - Penyuka novel Mega Best Seller "Negeri 5 Menara" karya Ahmad Fuadi segera bisa memperoleh buku kelanjutannya "Ranah 3 Warna" pada 23 Januari 2011.

"Ranah 3 Warna" merupakan buku kedua dari trilogi Negeri 5 Menara," kata penulisnya Ahmad Fuadi pada "Talk Show" berjudul "Ngobrol Bareng Bersama A Fuadi" di Jakarta, Kamis.

Buku ini, ujar mantan wartawan Tempo dan Voice of America itu, berkisah tentang tokoh Alif dan perjuangan hidupnya yang akan menjawab pertanyaan yang menggantung di buku pertama.

"Hanya saja jika spirit buku pertama ada pada mantra `Man jadda wajada (siapa bersungguh-sungguh akan berhasil)` maka di buku kedua ada mantra baru, `Man shabara zhafira (siapa bersabar akan beruntung)," katanya.

Buku kedua ini, lanjut dia, memiliki tiga setting cerita unik yakni sejuk dan indahnya Bandung, tandus namun eksotiknya Yordania dan dingin serta warna-warninya Quebec, Kanada.

Dimulai dengan tamatnya Alif dari Pondok Madani dan impiannya yang menggebu-gebu belajar teknologi tinggi di Bandung seperti Habibie dan merantau sampai ke Amerika.

"Ternyata mantra `Man jadda wajada` di buku pertama tidak cukup sakti dalam memenangkan hidup Alif, sehingga dia teringat mantra keduanya `Man shabara zhafira` yang diajarkan di pondok Madani dan menjadi bekal tambahan menyongsong badai berikutnya di buku kedua," katanya.

Jika "Negeri 5 Menara" berkisah tentang masa remaja tokoh utama, Alif, maka buku kedua ini bercerita tentang masa kuliahnya. Sedangkan buku ketiga yang segera menyusul akan membeberkan masa kerja si Alif.

Buku ketiga akan mengetengahkan mantra "Man saara ala darbi washala (siapa yang berjalan di jalurnya akan tiba di tujuannya), ujar Fuadi tanpa bersedia mengungkap judul dari buku ketiganya kecuali ada kata "1" di dalamnya.

Sebelumnya, "Negeri 5 Menara" yang merupakan novel pertama Fuadi, telah mendapatkan penghargaan Nominasi Khatulistiwa Literary Award 2010, Penulis dan Fiksi Terfavorit, serta Anugerah Pembaca Indonesia 2010.

(D009/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011