Solo (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan kompetisi Liga 2 Musim 2021 telah dimulai di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

"Kami setelah melihat pertandingan Persis Solo melawan PSG merupakan pertandingan pembuka kompetisi Liga 2 yang dikemas oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), pada saat pandemi COVID-19," kata Menpora usai menyaksikan pertandingan Persis Solo melawan PSG Pati, di Stadion Manahan Solo, Minggu malam.

Menurut Menpora Liga 1 sudah berhasil dan kini Liga 2 telah dimulai dengan tetap menerapkan Prokes ketat. "Kami dengan menerapkan Prokes berarti membantu upaya-upaya pemerintah dalam menangani COVID-19, tetapi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat kegiatan olahraga khususnya sepak bola," katanya.

ia berharap  kompetisi Liga 2 tetap berjalan seru untuk disaksikan di televisi dengan kualitas yang sama dengan pertandingan pertandingan sebelumnya.

Selain itu, ia  juga berharap dukungan masyarakat untuk tidak menonton bareng di stadion, dan tetap nonton di rumah saja. Hal ini, sangat diapresiasi oleh Pemerintah.

Baca juga: LIB: pernyataan pemerintah landasan kuat gelar Liga 1 dan 2

Menpora dalam kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan PT LIB dan klub-klub yang telah merujukan antusiasme. PSSI dan PT LIB  telah memberikan yang terbaik untuk gelaran Liga 2 Musim 2021 ini.

Selain itu,  ia juga  mengapresiasi dukungan luar biasa dari   Menteri BUMN Erick Thohir  untuk olahraga secara keseluruhan, khususnya sepak bola.

"Kami apresiasi BUMN yang komitmen dukungan untuk olahraga di Tanah Air," katanya.

Zainudin menjelaskan alasan dimulainya Liga 2  dari Stadion Manahan Solo, karena tempat tersebut merupakan  salah satu yang akan digunakan pada Piala Dunia U-20 pada 2023. Stadion Manahan ini, dipersiapkan untuk  FIFA CUP U-20 yang akan diikuti 23 negara.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan pihaknya harus optimistis tentang kebangkitan sepak bola nasional. Yang jelas Pemerintah dan PSSI berjalan kompak untuk memajukan sepak bola..

Erick mengatakan pihaknya bersama Menpora fokus di 17 cabang olahraga termasuk sepak bola. Adanya Liga 1 yang seru dan Liga 2 juga tidak kalah seru akan  menjadi pondasi untuk membangun Tim Nasional. PSSI dengan kepemipinan M. Iriawan prestasi sepak bola Indonesia semakin meningkat. ***3***
Baca juga: Menpora: pertandingan masih tanpa penonton meski level PPKM turun
Baca juga: LIB apresiasi penerbitan izin keramaian oleh Polri untuk Liga 1 dan 2

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021