Jakarta (ANTARA) - Collin Morikawa memastikan kemenangan setengah poin Amerika Serikat ketika menjuarai turnamen golf Piala Ryder setelah tim AS memastikan sukses dari hanya lima pertandingan selama Minggu itu di Whistling Straits di Sheboygan, Wisconsin.

Morikawa memenangkan par-3 lubang ke-17 lewat birdie putt pendek untuk memimpin satu lubang atas Viktor Hovland. Itu artinya dia setidaknya sudah memperoleh separuh poin yang dibutuhkan tim AS guna menyelesaikan turnamen tiga hari yang luar biasa.

Tim Eropa dipaksa melakukan pembalikan terbesar sepanjang masa Piala Ryder agar bisa mempertahankan piala ini. Mereka tertinggal 5-11 ketika memasuki lomba hari itu, sedangkan Amerika Serikat membutuhkan 14 setengah poin guna merebut kembali trofi ini.

Setelah Morikawa memastikan separuh poin yang dibutuhkan AS, itu artinya selisih menjadi kian melebar paling tidak 14 1/2-6.

AS menjuarai Piala Ryder untuk keempat kalinya dalam 13 edisi terakhir kompetisi ini.

Baca juga: Pegolf AS Collin Morikawa juara The Open 2021

Sebelumnya Minggu itu juga, Patrick Cantlay mengalahkan Shane Lowry dengan 4 melawan 2, sedangkan Scottie Scheffler menaklukkan pegolf paling konsisten Eropa Jon Rahm dengan 4 melawan 3.

Bryson DeChambeau kian menyudutkan tim Eropa setelah menang 3 melawan 2 dari Sergio Garcia yang sehari sebelumnya menjadi pegolf paling sering memenangkan Ryder Cup dengan 25 kemenangan. Garcia sempat unggul 3-0 dalam aksinya dua hari sebelumnya.

Menjelang separuh hari terakhir lomba Minggu itu, tak diragukan lagi AS sudah pasti memegang keunggulan setelah memenangkan empat dari lima pertandingan pertama.

Tim AS sungguh dominan di mana Cantlay dan Scheffler masing-masing memenangkan empat lubang berturut-turut. Cantlay memenangkan lubang 3 sampai 6, sementara Scheffler merebut empat hole pertama dalam pertandingannya sendiri.

DeChambeau juga mengawali lomba dengan tangguh setelah memenangkan tiga dari empat lubang pertama dan unggul tiga lubang setelah melewati sembilan lubang pertama.

Pegolf Eropa Rory McIlroy memenangkan pertandingan pertama hari itu setelah mengalahkan Xander Schauffele dengan 3 melawan 2. Itu menjadi satu-satunya poin McIlroy dalam turnamen edisis tahun ini tersebut. Schauffele sebelumnya sempat unggul 3-0, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Putter golf milik Tiger Woods terjual Rp5,7 miliar di pelelangan
Baca juga: Nelly Korda rebut emas golf putri Olimpiade Tokyo

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021